Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Kunjungan Biden, Meksiko Tangkap Putera dari Gembong Narkoba El Chapo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 06 Januari 2023, 12:15 WIB
Jelang Kunjungan Biden, Meksiko Tangkap Putera dari Gembong Narkoba El Chapo
Ovidio Guzman, dijuluki "El Raton" (Si Tikus), saat ditangkap petugas keamanan Meksiko pada 2019 lalu/AP
rmol news logo Pasukan keamanan Meksiko berhasil menangkap Ovidio Guzman, putra dari gembong narkoba yang saat ini berada dalam tahanan, Joaquin "El Chapo" Guzman, dalam perang melawan kartel yang paling kuat.

Penangkapan Guzman terjadi menjelang kunjungan Presiden AS Joe Biden ke Meksiko pekan depan.

Ovidio Guzman yang sering dijuluki sebagai El Raton (Tikus) ini ditangkap di kota barat laut Culiacan dalam operasi penyergapan pada Kamis (5/1), setelah pemantauan dilakukan selama berbulan-bulan. Ia segera diterbangkan ke Mexico City menggunakan pesawat militer.

"Penangkapan itu adalah hasil kerja intelijen selama enam bulan yang melacak pria berusia 32 tahun itu, yang diduga membantu menjalankan operasi ayahnya sejak "El Chapo" diekstradisi ke Amerika Serikat pada 2017," kata Menteri Pertahanan Luis Cresencio Sandoval kepada wartawan.

Cresencio mengatakan, ayah dari Guzman saat ini diketahui sedang menjalani hukuman penjara seumur hidup di AS, karena telah memperdagangkan ratusan ton narkobanya ke negara tersebut selama 25 tahun lamanya.

Namun, meskipun gembong ini telah ditangkap, kartelnya tetap berjalan. Sang anak memimpin kartelnya, sehingga tetap menjadi salah satu yang paling kuat di Meksiko, dan tetap menjalankan operasinya di AS.

Atas operasi tersebut, dalam upaya memberantas perdagangan narkoba di negaranya, AS pernah  menawarkan hadiah 5 juta dolar (Rp 78 miliar) bagi siapa pun yang memiliki informasi tentang Ovidio Guzman ini, yang dianggap AS sebagai pemain kunci dalam kartel narkoba di negaranya.

Penangkapan pemimpin kartel terbesar ini dilakukan oleh otoritas Meksiko, ketika Presiden Andres Manuel Lopez Obrador tengah bersiap menyambut Biden pada pekan depan untuk pertemuan puncak antara para pemimpin Amerika Utara, di mana keamanan diharapkan menjadi agenda utama yang harus dipersiapkan oleh Meksiko. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA