Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Taliban Gerebek Markas ISIS, Sita Senjata dan Bahan Peledak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 05 Januari 2023, 16:17 WIB
Taliban Gerebek Markas ISIS, Sita Senjata dan Bahan Peledak
Pemandangan kebakaran hotel di lingkungan Shahr-e-Naw atas serangan ISIS di Kabul, Afghanistan pada 11 Desember 2022/Net
rmol news logo Taliban menggerebek tempat persembunyian ISIS di Afghanistan. Delapan anggota ISIS dikabarkan meninggal, sementara tujuh lainnya ditangkap karena bertanggung jawab atas penyerangan hotel China di Kabul tengah.

Taliban juga mengaku sudah mengamankan beberapa senjata dan bahan peledak milik anggota ISIS yang bersembunyi di balik negaranya itu.

"Para anggota ini memiliki peran utama dalam serangan di hotel China dan membuka jalan bagi anggota ISIS asing untuk datang ke Afghanistan," kata jurubicara Taliban Zabiullah Mujahid dalam cuitannya di Twitter pada Kamis (5/1).

Cuitan tersebut merujuk pada serangan bersenjata dan ledakan bom di sebuah hotel yang sering dikunjungi oleh warga China dan warga negara asing di pusat Kota Kabul. Sebanyak lima warga China mengalami luka parah akibat serangan tersebut, dan belasan lainnya mengalami luka ringan.

ISIS telah mengklaim bertanggung jawab atas serangan pada 11 Desember lalu tersebut, saat pejabat China memiliki kepentingan pertamanya dengan Taliban di Afghanistan.

"Sifat serangan teroris ini sangat buruk, pihak China sangat terkejut," kata jurubicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin pada saat kejadian.

Taliban dikabarkan telah lama berperang melawan kelompok ekstremis garis keras itu, karena kelompok ekstremis sering kali berusaha untuk menarik para pejuang dan pendukung Taliban di Afghanistan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA