Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Burkina Faso Usir Perwakilan PBB Barbara Manzi karena Terlalu Ikut Campur Urusan Dalam Negeri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 24 Desember 2022, 13:13 WIB
Burkina Faso Usir Perwakilan PBB Barbara Manzi karena Terlalu Ikut Campur Urusan Dalam Negeri
rmol news logo Pemerintah Burkina Faso memerintahkan Koordinator PBB Barbara Manzi untuk meninggalkan negara itu segera. Dalam pernyataannya pada Jumat (23/12), Kementerian Luar Negeri tidak memerinci alasan pengusiran tersebut tetapi menyebutkan bahwa  Mazi telah dinyatakan sebagai persona non grata.

"Nona Barbara Manzi, koordinator residen sistem Perserikatan Bangsa-Bangsa, dinyatakan persona non grata di wilayah Burkina Faso. Oleh karena itu dia diminta untuk meninggalkan Burkina Faso hariini, Jumat 23 Desember 2022," kata pernyataan itu, seperti dikutip dari Africa News, Sabtu (24/12).

Menurut sumber diplomatik, pengusiran tersebut dibenarkan oleh fakta bahwa Manzi baru-baru ini meminta penarikan personel non-esensial sistem (PBB) dari Burkina Faso.

"Itu sebuah keputusan yang berisiko, yang menempatkan negara dalam situasi sulit, di saat Burkina Faso sangat membutuhkan mitra untuk menghadapi krisis keamanan dan kemanusiaan," kata sumber tersebut.

Sumber lain mengatakan, selain permintaan penarikan personel yang tidak penting, Manzi juga dituduh berusaha mempengaruhi secara negatif dan mencampuri urusan politik Burkina Faso.

Pengusiran ini terjadi beberapa hari setelah dua warga negara Prancis yang bekerja di sebuah perusahaan Burkinabe diusir karena dicurigai oleh otoritas sebagai mata-mata.

Burkina Faso telah diperintah sejak akhir September oleh Kapten Ibrahim Traore lewat kudeta militer yang dilakukannya.

Perdana Menterinya, Apollinaire Kyelem de Tembela, berharap pada pertengahan November untuk mendiversifikasi hubungan kemitraan sampai menemukan formula yang tepat untuk kepentingan Burkina Faso.

Dia juga mengatakan bahwa "beberapa mitra" tidak selalu setia, tanpa menyebut nama negara mana pun.

Manzi, yang berpengalaman dalam kegiatan kemanusiaan di negara berkembang, diangkat ke pos di Burkina Faso tahun lalu.

Burkina Faso, salah satu negara termiskin di dunia, telah dilanda konflik di mana kelompok bersenjata yang terkait dengan al-Qaeda dan kelompok ISIL (ISIS) telah membunuh ribuan warga sipil dan menciptakan salah satu krisis kemanusiaan yang tumbuh paling cepat di benua itu. .

Hampir dua juta orang telah mengungsi dan tinggal di kamp-kamp darurat, banyak yang dijalankan oleh PBB, yang bertebaran di pedesaan yang gersang.

Kekerasan, yang bergemuruh selama sekitar tujuh tahun, terfokus di utara dan timur, melumpuhkan ekonomi lokal, menyebabkan kelaparan massal, dan membatasi akses ke organisasi bantuan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA