Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bangun Pabrik di Luar China, Apple Inc Akan Produksi iPhone di India

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 23 November 2022, 14:28 WIB
Bangun Pabrik di Luar China, Apple Inc Akan Produksi iPhone di India
rmol news logo Dalam upaya mendiversifikasikan produk iPhone yang biasa dibuat di China, perusahaan manufaktur raksasa asal Amerika Serikat, Apple Inc, berencana membangun pabrik barunya di India.

Dalam sebuah pernyataan pada Selasa (22/11), Apple mengumumkan bahwa India akan memproduksi lima persen dari model terbaru yakni  iPhone 14 dan 25 persen dari semua produksi  termasuk Mac, iPad, Apple Watch, dan Airpods.

Pabrik yang akan memproduksi iPhone tersebut terletak di Hosur, Bengaluru, India, dan akan mempekerjakan sekitar 60.000 orang.

Dari jumlah tersebut, 10 persen di antaranya atau 6.000 karyawan adalah wanita suku dari Jharkhand yang telah menjalani pelatihan dalam membuat perangkat seluler iPhone pilihan ini.

Sejak 2017, Apple telah memproduksi iPhone di pabrik Sriperumbudur milik Foxconn di negara bagian Tamil Nadu, India Selatan.

Kini Apple mengalihdayakan pembuatan iPhone India ke Pabrik Tata Electronics di Hosur dan memperluas fasilitasnya untuk mengikat salah satu produsen kontrak iPhone.

Kebijakan Apple untuk mendiversifikasi manufaktur dan merelokasi pabriknya di luar China disinyalir merupakan langkah antisipasi perusahaan di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik dan pengurangan risiko rantai pasokan global kebijakan "nol-Covid" Beijing.

Kondisi tersebut telah memicu kekhawatiran akan penurunan prospek penjualan akibat kebijakan pembatasan dan resesi yang diprediksi akan dimulai di tahun depan.

Raksasa teknologi itu berupaya untuk mengalihkan produksi ke sistem yang lebih damai dan stabil seperti India.

Dari sudut pandang industri dan manufaktur, India kini jauh lebih potensial dengan kebijakan era baru dan prospek bisnis.

Selain kemudahan birokrasi, langkah tunggal ini juga akan mampu menciptakan ekosistem yang sangat besar bagi industri pendukung India.

India yang merupakan ekonomi terbesar kelima di dunia, juga memiliki visi untuk menjadikan negaranya sebagai pusat manufaktur dan ekspor yang menarik bagi perusahaan multinasional. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA