Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Israel Terima Permintaan Maaf Presiden Rusia Vladimir Putin atas Pernyataan Sergey Lavrov

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 06 Mei 2022, 07:32 WIB
Israel Terima Permintaan Maaf Presiden Rusia Vladimir Putin atas Pernyataan Sergey Lavrov
Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
rmol news logo Hubungan tegang antara Moskow dan Tel Aviv diyakini kembali mencair setelah Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan permintaan maaf kepada Perdana Menteri Israel Naftali Bennett.

Kedua pemimpin berbicara telepon pada Kamis (5/5). Putin menyampaikan permohonan maafnya atas pernyataan Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov baru-baru ini yang telah membuat marah Israel.

Akhir pekan lalu Lavrov membuat pernyataan kontroversial kepada media Italia, menunjukkan bahwa Adolf Hitler mungkin memiliki keturunan Yahudi dan bahwa beberapa anti-Semit yang "paling bersemangat" adalah orang Yahudi itu sendiri.

"Perdana Menteri (Bennett) menerima permintaan maaf Presiden Putin atas pernyataan Lavrov dan berterima kasih padanya karena menjelaskan sikapnya terhadap orang-orang Yahudi dan memori Holocaust," kata kantor PM Israel, seperti dikutip dari RT, Jumat (6/5).

Ketegangan terbaru kedua negara dipicu oleh Lavrov ketika ia berbicara dengan perusahaan media Italia Mediaset pada Minggu (1/5). Saat itu ia menegaskan bahwa "denazifikasi" Ukraina tetap menjadi salah satu tujuan utama dari operasi militer yang sedang berlangsung melawan Ukraina.

Seorang reporter kemudian menyebutkan bahwa Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky adalah seorang Yahudi, yang memicu pernyataan kontroversial Lavrov. Diplomat itu kemudian mengatakan bahwa Hitler memiliki darah Yahudi di dalam dirinya, menambahkan bahwa anti-Semit yang paling bersemangat biasanya adalah orang Yahudi.

Skandal itu memicu hubungan diplomatik singkat antara Rusia dan Israel. Rekan Lavrov dari Israel, Yair Lapid, mengecam keras pernyataan tersebut, menuntut permintaan maaf. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA