Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Sudah Lakukan Negosiasi Dengan Semua Pihak Yang Terlibat Dalam Kudeta Myanmar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 03 Februari 2021, 08:20 WIB
China Sudah Lakukan Negosiasi Dengan Semua Pihak Yang Terlibat Dalam Kudeta Myanmar
Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing/Net
RMOL.  Menyikapi susana terkini di Myanmar, pemerintah China mengatakan bahwa pihaknya sedang bernegosiasi dengan semua pihak yang terlibat dalam pengambilalihan kekuasaan di negara itu.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin, beberapa jam sebelum Dewan Keamanan PBB menggelar pertemuan untuk membahas pengambilalihan militer di Myanmar pada Selasa (2/2).

"Setiap langkah yang dibuat oleh komunitas internasional harus membantu Myanmar membawa stabilitas politik dan sosial, membantu menemukan solusi damai dan menghindari konflik lebih lanjut," kata Wang pada konferensi pers di Beijing, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Selasa (2/2).

"China sedang bernegosiasi dengan semua pihak yang terlibat," tambahnya.

Militer Myanmar mengumumkan keadaan jam darurat setelah menahan Presiden Win Myint, pemimpin de facto sekaligus Penasihat Negara Aung San Suu Kyi, bersama sejumlah anggota senior partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), Senin (1/2) waktu setempat.

Kudeta terjadi beberapa jam sebelum sesi pertama parlemen baru negara itu akan diadakan setelah pemilihan November di mana partai yang berkuasa Suu Kyi menang telak.

Militer mengklaim kudeta itu dilakukan karena kecurangan pemilihan dalam jajak pendapat yang mengakibatkan dominasi NLD di parlemen.

Saatini kekuasaan telah diserahkan kepada Jenderal Ming Aung Hlaing. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA