Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komisi Eropa: Setelah Empat Tahun, Kami Memiliki Teman Di Gedung Putih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 21 Januari 2021, 08:35 WIB
Komisi Eropa: Setelah Empat Tahun, Kami Memiliki Teman Di Gedung Putih
Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen/Net
rmol news logo Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan bahwa saat ini Eropa kembali memiliki teman di Gedung Putih. Dalam ucapan selamatnya atas pelantikan Joe Biden, Leyen mengatakan hari itu adalah saat yang dtunggu-tunggu.

"Fajar baru di Amerika, ini adalah saat yang sudah lama kita tunggu-tunggu. Eropa siap untuk awal baru dengan mitra tertua dan terpercaya kita," ujarnya di Parlemen Eropa di Brussel, Belgia, sesat setelah pelantikan Joe Biden, seperti dikutip dari CNN, Kamis (21/1).

Von der Leyen mengatakan pelantikan Biden menjadi pesan penyembuhan bagi bangsa yang terpecah belah. Juga menjadi pesan harapan bagi dunia yang menunggu AS untuk kembali ke lingkaran negara-negara yang berpikiran sama.

"Amerika Serikat telah kembali. Dan Eropa siap untuk terhubung kembali dengan mitra lama dan terpercaya, untuk menghembuskan kehidupan baru ke dalam aliansi yang kita cintai," cuit Leyen dalam akun Twitternya pada Rabu (20/1).

Dibandingkan dengan Trump, Biden dinilai dapat merangkul kemitraan yang lebih hangat dengan Eropa. Trump kerap mengkritik perdagangan UE selama pemerintahannya. Trump juga sering memberikan serangan terhadap beberapa pemimpin Eropa, menciptakan suasana yang kaku dan kurang nyaman.

"Dari perspektif kami, Trump melihat Eropa sebagai musuh," seorang diplomat senior Eropa pernah mengatakan itu kepada CNN pekan lalu.

"Dampak abadi dari 'America First' adalah AS memiliki lebih sedikit teman di Eropa," katanya.

Sementara Kanselir Jerman, Angela Merkel, juga menyampaikan 'ucapan selamat terhangat'. Merkel telah lama menantikan babak baru dalam hubungan Jerman dengan AS. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA