Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Barang Semikonduktor Bikin Nilai Impor-Ekspor Jepang Naik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 18 September 2024, 12:04 WIB
Barang Semikonduktor Bikin Nilai Impor-Ekspor Jepang Naik
Ilustrasi/Net
rmol news logo Nilai ekspor Jepang mengalami pertumbuhan selama sembilan bulan berturut-turut berkat barang-barang terkait semikonduktor.

Menurut angka awal yang dirilis oleh Kementerian Keuangan pada Rabu (17/9), hingga Agustus total ekspor negara tersebut mencapai 8,4 triliun Yen (Rp907.8 triliun), naik 5,6 persen dari bulan yang sama tahun lalu. Sementara total impor mencapai 9,1 triliun Yen atau naik 2,3 persen.

Dikutip dari Nikkei Asia, Kamis (8/9), neraca perdagangan secara keseluruhan menghasilkan defisit untuk bulan kedua berturut-turut, sebesar 695,3 miliar Yen. 

Ekspor peralatan pembuatan chip meningkat 55,2 persen. Ekspor komponen elektronik seperti semikonduktor juga naik 15 persen.

Dari segi volume, total ekspor turun 2,7 persen, yang menunjukkan bahwa harga yang lebih tinggi, bukan permintaan yang substansial, mendorong pertumbuhan ekspor secara keseluruhan dalam hal nilai. Volume impor turun 3,8 persen.

Menurut data awal yang dirilis oleh Bank Jepang minggu lalu, harga ekspor Jepang bulan Agustus dalam yen naik 2,6 persen dari bulan yang sama tahun lalu. Harga impor juga naik 2,6 persen. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA