Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Transaksi Turun 13 Persen, Investor Hindari Properti Komersial Tiongkok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Rabu, 07 Agustus 2024, 05:00 WIB
Transaksi Turun 13 Persen, Investor Hindari Properti Komersial Tiongkok
Ilustrasi
rmol news logo Kalangan investor dilaporkan menahan diri untuk menanamkan modal mereka ke sektor properti komersial di pasar real estate Tiongkok. Saat ini kalangan investor lebih menaruh harapan mereka pada strategi tradisional di berbagai bidang, termasuk, pembangunan ramah lingkungan.

Christine Li, kepala penelitian di konsultan real estate Knight Frank, mengatakan kepada Nikkei Asia, “Kami telah melihat beberapa kekhawatiran, khususnya dari investor real estat yang berbasis di AS. Lima hingga tujuh tahun ke depan, apakah Anda dapat menemukan pembeli untuk keluar dari pasar Tiongkok, adalah tanda tanya besar.”

Dari Januari hingga Juni tahun ini, transaksi lintas batas di pasar properti komersial Tiongkok bernilai 3,3 miliar dolar AS yang turun 13 persen dibandingkan tahun lalu.

Menurut data dari kelompok riset investasi MSCI Jepang, meskipun menunjukkan penurunan 35 persen dalam transaksi tersebut, melampaui pasar Asia Pasifik pada 3,7 miliar dolar AS.

Menurut laporan, investor AS hanya menginvestasikan 600 juta yuan ke pasar properti China menurut data yang dikumpulkan oleh MSCI. Meskipun modal Singapura mencatat kenaikan 80 persen pada paruh pertama tahun 2024 dari tahun sebelumnya. Itu masih lebih dari sepertiga dari investasi puncaknya dari paruh kedua tahun 2019, ketika telah menginvestasikan 22 miliar yuan ke pasar China daratan.

Lintasan penurunan ini menciptakan kekhawatiran yang berkembang bahkan di antara investor lama di China.

Kabarnya, pasar properti China telah berjuang sejak pemerintah meluncurkan tindakan keras, karena telah meluncurkan kebijakan untuk mengurangi pengembang properti di negara itu dari meminjam pinjaman pada tahun 2020.

Evergrande yang pernah berdiri sebagai pengembang terbesar China, sekarang hampir dilikuidasi, Nikkei Asia melaporkan.

Selain itu, pemain China saat ini menunjukkan sedikit harapan sejauh ini bagi investor luar negeri untuk mendapatkan kembali biaya mereka, sementara beberapa pengembang swasta lainnya dibawa ke pengadilan untuk petisi likuidasi.

Runtuhnya sektor pasar real estat telah merusak kepercayaan keluarga-keluarga Tiongkok yang telah membangun kekayaan mereka selama beberapa dekade terakhir, yang menggantungkan harapan mereka pada kenaikan harga properti di Tiongkok.

Selama enam bulan pertama tahun 2024, keseluruhan investasi properti Tiongkok turun 10,1 persen nilainya dari tahun sebelumnya.

Dana kekayaan negara Singapura GIC yang secara konsisten menjadi pembeli utama di pasar properti Tiongkok, sebelumnya telah memperingatkan bahwa negara itu telah "mencapai akhir dari model pertumbuhannya" yang bergantung pada real estat dan pengembangan properti.

Hal ini memicu persepsi di kalangan investor jangka panjang tentang potensi positif pasar properti Tiongkok. Namun, investasi tersebut telah "tiba-tiba dibatasi," kata Kepala Investasi GIC Jeffrey Jaensubhakij kepada Nikkei Asia.

Xavier Lee, seorang analis ekuitas di Morningstar, mengatakan, "Beberapa perusahaan real estat Singapura dengan proyek yang berkomitmen di Tiongkok akan terus berinvestasi dan menyelesaikannya. Mereka tidak diharapkan untuk tiba-tiba menarik diri. Namun kami juga tidak memperkirakan mereka akan melakukan ekspansi agresif mengingat lingkungan pasar yang penuh tantangan,” ujarnya kepada Nikkei Asia. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA