Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi dan Elon Musk Bakal Resmikan Starlink di World Water Forum

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 15 Mei 2024, 16:00 WIB
Jokowi dan Elon Musk Bakal Resmikan Starlink di World Water Forum
Representative Image/Net
rmol news logo Layanan internet berbasis satelit, Starlink akan segera diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Elon Musk di sela-sela perhelatan World Water Forum ke-10 di Nusa Dua, Bali.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada Selasa (14/5).

"Elon Musk akan meresmikan bersama Presiden Starlink untuk mempermudah komunikasi di daerah terpencil. Ini akan dilakukan pada hari Minggu (19 Mei 2024)," kata Luhut, dikutip Rabu (15/5).

Belum diketahui detail dari acara peresmian tersebut. Namun Luhut sendiri telah memastikan bahwa Elon Musk akan hadir di Bali sebagai salah satu pembicara saat perhelatan World Water Forum Ke-10 di Nusa Dua.

"Elon Musk akan diundang sebagai pembicara publik pada pembukaan World Water Forum Ke-10," tuturnya.

Sebagai penyelenggara telekomunikasi baru di dalam negeri, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi sebelumnya mengatakan bahwa Starlink akan digunakan untuk menjangkau area yang saat ini tidak tersentuh oleh penyelenggara jasa internet (PJI) lokal

"Nantinya cakupan layanan Starlink akan lebih banyak menjangkau area yang selama ini memiliki tantangan geografis dan tak tersentuh PJI lokal karena teknologinya yang berbasis satelit yaitu low earth orbit (LEO)," kata Budi.

Ia juga menjamin bahwa Starlink tidak akan merusak ekosistem milik PJI lokal yang sudah lebih dulu beroperasi di Indonesia.

Adapun status perizinannya saat ini sudah memenuhi uji laik operasi (ULO) yang artinya perusahaan milik pebisnis Elon Musk itu sudah memiliki izin sebagai penyelenggara telekomunikasi di Indonesia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA