Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemindahan Ibu Kota RI ke IKN Diklaim Jadi yang Paling Jauh di Dunia, Capai 1.260 Kilometer

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 22 Maret 2024, 13:05 WIB
Pemindahan Ibu Kota RI ke IKN Diklaim Jadi yang Paling Jauh di Dunia, Capai 1.260 Kilometer
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur diklaim menjadi yang paling jauh di dunia, dengan jarak hingga 1.260 kilometer.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Achmad Jaka Santos, dalam Sosialisasi dan Diskusi Terkait Kesiapan Pemindahan IKN pada Rabu (20/3) waktu setempat.

"Di sini ada satu fakta yang memang belum pernah terjadi di dunia, memindahkan ibu kota sejauh 1.260 km dari kota asal kepada satu tempat baru yang tidak berada di satu hamparan tanah yang sama. Artinya, pindah pulau," katanya, dikutip Jumat (22/3).

Dalam kesempatan tersebut, ia membandingkan pemindahan ibu kota tersebut dengan negara lain di dunia, seperti Brasil yang memindahkan ibu kotanya dari Rio de Janeiro ke Brasília hingga Australia dari Melbourne ke Canberra.

Selain itu, ia juga menyoroti pemindahan ibu kota Malaysia dari Kuala Lumpur ke Putrajaya, serta Myanmar yang memindahkan ibu kota dari Yangon ke Naypyitaw.

Menurutnya, pemindahan itu jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi ibu kota sebelumnya. Sementara pemindahan ibu kota RI, kata Jaka, harus berpindah pulau dengan jarak ribuan kilometer.

"Dan paling jauh itu (pemindahan ibu kota negara lain) sekitar 900 km. Nah, kita 1.260 km plus lewat udara dan air dulu," pungkas Jaka. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA