Dimensy.id
Apollo Solar Panel

P3MI Diminta Tingkatkan Kompetensi Bahasa Asing PMI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Kamis, 07 Maret 2024, 22:42 WIB
P3MI Diminta Tingkatkan Kompetensi Bahasa Asing PMI
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah/Ist
rmol news logo Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, mengajak Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) terus meningkatkan kompetensi bahasa asing bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang dinilai masih lemah.

"Saya mengajak bapak ibu semua, kalau problemnya soal bahasa, ayo kita kejar bagaimana caranya kita bisa penuhi itu," kata Menaker, saat membuka Rapat Penguatan Tata Kelola Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, awal pekan ini, di Jakarta.

Menurutnya, banyak negara senang terhadap hasil pekerjaan PMI, namun peluang untuk penempatan belum dapat dilakukan secara maksimal, karena terkendala bahasa.

"Misalnya di Jerman, peluangnya besar, tapi terkendala kompetensi bahasa, dan butuh waktu sekurang-kurangnya 8 sampai 12 bulan untuk memenuhi kemampuan bahasa itu," tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan, kondisi Indonesia yang tengah mengalami bonus demografi harus dimanfaatkan secara maksimal, karena di sisi lain banyak negara yang sedang mengalami aging population (penuaan penduduk).

"Karena itu, kalau kita menyiapkan kompetensi bahasa pekerja migran kita dengan baik, saya kira peluang juga akan banyak kita raih," tutup Ida.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA