Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kebut Pembangunan, Menhub Targetkan Uji Coba Bandara di IKN pada Juli 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 26 Januari 2024, 09:46 WIB
Kebut Pembangunan, Menhub Targetkan Uji Coba Bandara di IKN pada Juli 2024
Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi saat mengecek progres pembangunan Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN)/Doc Kemenhub
rmol news logo Uji coba Bandara Nusantara di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, ditargetkan akan dimulai pada Juli 2024.

Rencana tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau progres pembangunan Bandara Nusantara pada Rabu (24/1).

"Hari ini kita melihat pembangunan bandara berjalan dengan baik. Bulan Juli diperkirakan sudah selesai untuk kita uji cobakan," ujar Budi dalam keterangan resminya.

Pekerjaan konstruksi dan persiapan operasi bandara dilakukan mulai Januari hingga Juli.

Ia juga menyebut proses pembangunan bandara akan dipercepat dengan penambahan alat, waktu kerja, serta penyelesaian terkait lahan, sehingga uji coba bisa terlaksana sesuai target pemerintah.

Adapun Bandara Nusantara sendiri akan digunakan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan dan mendukung konektivitas di IKN, yang memiliki luas terminal 7.350 meter persegi dan luas area bandara 347 hektare.

Setelah mengecek bandara, Budi juga telah meninjau calon lokasi pembangunan Kereta Otonom atau Automated Rail Transit (ART) di IKN yang ditargetkan akan rampung pada Agustus.

"Kereta otonom atau ART nanti akan berada di kawasan Sumbu Barat dan Sumbu Timur. Ditargetkan pada bulan Agustus sudah bisa kita gunakan sebagian rutenya," ujarnya.

Nantinya, satu set kereta akan terdiri dari dua gerbong, yang dapat menampung total 324 penumpang.

ART berkecepatan operasional 40 km/jam dan berkecepatan maksimal 70 km per jam, dengan kereta yang menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA