Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komitmen Pembiayaan 83,76 Miliar Dolar di KTT COP 28 jadi Peluang Besar untuk Investasi Hijau

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 19 Desember 2023, 09:48 WIB
Komitmen Pembiayaan 83,76 Miliar Dolar di KTT COP 28 jadi Peluang Besar untuk Investasi Hijau
World Climate Action Summit (WCAS) COP28, 1 Desember 2023/Net
rmol news logo Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia mengatakan hasil komitmen dan kesepakatan di konferensi tingkat tinggi COP 28 bisa menjadi peluang bagi sektor usaha melalui peningkatan investasi hijau.

Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Kemaritiman, Investasi, dan Luar Negeri Kadin Indonesia, Shinta W. Kamdani, mengatakan kesepakatan tersebut terangkum dalam program pembiayaan climate finance, dengan nilai total 83,76 miliar AS.

Dikutip dari lama Kadin, Selasa (19/12), jumlah itu terbagi dalam tiga sektor, meliputi; energi terbarukan sebesar 5 miliar dolar AS, sektor pangan 3,1 miliar dolar AS, dan sektor kesehatan 2,7 miliar dolar AS, serta selebihnya untuk sektor lain.

Shinta yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), meyakini pembiayaan ini dapat membawa dampak yang besar dalam akselerasi penanganan perubahan iklim.

"Indonesia saat ini tengah menyiapkan Nationally Determined Contribution (NDC) kedua untuk target penurunan emisi yang lebih ambisius yang rencananya akan disampaikan 2025," katanya dalam sesi diskusi di Menara Kadin, Jakarta, Jumat (15/12).

"Ini akan memunculkan peluang penambahan kapasitas energi terbarukan dalam rangka menurunkan emisi serta peningkatan investasi yang mendukung transisi energi," tambahnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA