Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indef: Perputaran Uang di Tahun Politik Diprediksi akan Tembus Hingga Rp 100 Triliun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 07 Desember 2023, 17:14 WIB
Indef: Perputaran Uang di Tahun Politik Diprediksi akan Tembus Hingga Rp 100 Triliun
Ilustrasi/Net
rmol news logo Institute for Development of Economics and Finance (Indef) memprediksi perputaran uang di tahun politik akan mencapai Rp 100 triliun.

Dalam risetnya, Indef menyebut bahwa perputaran uang di dalam negeri paling banyak akan berasal dari belanja makanan dan minuman, akomodasi, hotel, transportasi, serta logistik.

“Mungkin totalnya hampir lebih dari Rp 100 triliun akan terjadi putaran uang yang sangat luar biasa di tahun politik, dengan paling banyak untuk belanja makan minum, akomodasi, hotel kemudian juga transportasi, dan logistik. Ada sinyal positif ekonomi,” kata Direktur Eksekutif Indef, Tauhid Ahmad, dalam Seminar Proyeksi Ekonomi Indonesia (PEI) 2024, di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (6/12).

Meski demikian, Direktur Eksekutif Indef itu juga mengatakan terdapat sejumlah tantangan bagi perekonomian Indonesia di tahun depan, di mana terdapat suku bunga tinggi, karena ketidakpastian kebijakan The Fed, yang akan menahan atau menurunkan suku bunga acuannya.

Selain itu melambatnya perekonomian di China juga diyakini akan berdampak terhadap ekonomi domestik. Serta konflik geopolitik Rusia-Ukraina, dan krisis Timur Tengah yang masih terus berlanjut di tahun politik mendatang. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA