Dimensy.id
Apollo Solar Panel

UIN RM Said Surakarta Tembus Juara I Penghargaan Galeri Investasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Rabu, 29 November 2023, 03:46 WIB
UIN RM Said Surakarta Tembus Juara I Penghargaan Galeri Investasi
Kantor Perwakilan BEI Jawa Tengah 2 memberikan penghargaan bagi galeri investasi terbaik. tingkat Universitas dan sekolah menengah/RMOLJateng
rmol news logo Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Jawa Tengah 2 memberikan penghargaan bagi galeri investasi terbaik.

Penghargaan juara pertama diraih UIN RM Said Surakarta atas beberapa pencapaian. Di antaranya pembukaan rekening efek baru sebanyak 571, menggelar kegiatan terbanyak yakni 57 kegiatan edukasi, dan akumulasi nilai transaksi sebesar Rp943.937.400.

"Penilaian kami berdasarkan kepada peran keberadaan Galeri Investasi itu sendiri. Bagaimana menjalankan program edukasi, apa manfaat yang telah diberikan dalam hal ini adalah edukasi dan juga secara spesifik atas keberhasilannya mencetak investor-investor baru," kata Kepala Kantor Perwakilan BEI Jawa Tengah 2 Muhammad Wira Adibrata, dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Selasa (28/11).

Atas prestasi tersebut, Kantor Perwakilan BEI Jawa Tengah 2 memberikan penghargaan UIN RM Said Surakarta berupa sertifikat dan juga uang pembinaan sebesar Rp2.500.000.

Juara 2 diraih oleh Galeri Investasi Fakultas Ekonomi UMS dengan pencapaian jumlah transaksi melebihi rata-rata galeri investasi lainnya yakni Rp3,3 Miliar. UMS mendapat sertifikat penghargaan dan juga uang pembinaan senilai Rp2 Juta. Sementara juara 3 diraih Universitas Slamet Riyadi dengan pencapaian sembilan kali kegiatan, 166 rekening saham baru.

BEI Jateng 2 juga memberikan penghargaan dari kategori jumlah kegiatan dan jumlah peserta telah berhasil diedukasi. Juara 1 diraih oleh Galeri Investasi BEI Universitas Islam Batik (Uniba) Surakarta dengan 15 kegiatan edukasi berhasil mengedukasi 689 peserta.

Juara 2 Galeri Investasi BEI Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, lima kegiatan edukasi, 807 peserta dan juara 3 Galeri Investasi BEI Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret, lima kegiatan edukasi, 344 peserta. Masing-masing mendapatkan hadiah Rp2,5 juta, Rp2 juta dan Rp1,5 juta.
"Selain kegiatan dan jumlah transaksi, kami juga memberikan apresiasi bagi galeri yang tertib secara administrasi. Mulai dari pelaporan bulanan yang tepat waktu, laporan pertanggungjawaban dan juga administrasi lainnya melalui sistem RDIS," jelas Wira.  

Adapun juaranya adalah Galeri Investasi BEI Universitas Dharma AUB, Juara 2 Galeri Investasi BEI Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia, juara 3 Galeri Investasi BEI Politeknik Pratama Mulia.

BEI Jateng 2 mencakup 36 galeri di 12 kabupaten/ kota, Galeri investasi juga merambah ke tingkat Sekolah Menengah Atas dengan nama Galeri Investasi Edukasi.

Kategori galeri investasi edukasi terbaik jatuh kepada SMA Muhammadiyah 1 Sragen. Sementara galeri investasi edukasi terbaik dengan berbagai inovasi dimenangkan oleh SMK Negeri Jenawi.  

"SMK ini sangat unik dalam mengedukasi, program edukasi pasar modal dengan tema kemah cuan, angkringan cuan dimana konsep wedangan sambil ngobrol saham dan lainnya lagi," paparnya.

Wira melanjutkan, selain galeri yang ada di kampus dan sekolah, Galeri Investasi juga ada pada instansi atau non kampus. Di Jateng 2 terdapat 3 Galeri non kampus yakni, Galeri Investasi MPP Surakarta, Galeri Investasi KPP Pratama Surakarta dan Galeri Investasi Digital Komunitas UMKM Gradasi Surakarta. Untuk pemenang Galeri Investasi non kampus ini diraih oleh Galeri Investasi Digital Gradasi Surakarta.

"Dengan adanya apresiasi tersebut diharapkan dapat memberikan semangat untuk terus berperan aktif mengenalkan informasi informasi kepada masyarakat yang ingin berinvestasi di pasar modal. Galeri Galeri akan semakin bermanfaat baik untuk lingkungan kampus maupun masyarakat luas," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA