Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Uang Beredar di RI Tembus Rp 8.363 Triliun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 25 September 2023, 16:39 WIB
Uang Beredar di RI Tembus Rp 8.363 Triliun
Ilustrasi/Net
rmol news logo Likuiditas perekonomian atau peredaran uang dalam artian luas (M2) tercatat tumbuh positif sebesar Rp 8.363 triliun pada Agustus 2023.

Hal itu diungkap oleh Direktur Eksekutif Kepala Departemen Bank Indonesia Erwin Haryono dalam keterangan resminya, pada Senin (25/9).

Menurut penjelasan Haryono, pertumbuhan M2 pada Agustus hanya 5,9 persen secara year on year (yoy), lebih rendah dibanding bulan sebelumnya yang sebesar 6,4 persen.

Perkembangan itu, kata Haryono, dipengaruhi oleh pertumbuhan penyaluran kredit.

"Penyaluran kredit pada Agustus 2023 tumbuh sebesar 8,9 persen yoy setelah tumbuh 8,4 persen pada Juli 2023 sejalan dengan perkembangan kredit produktif," ujarnya.

Lebih lanjut, Haryono mengungkap bahwa pertumbuhan penyaluran kredit disebabkan oleh perkembangan Kredit Modal Kerja (KMK), Kredit Investasi, dan Kredit Konsumsi.

"Pertumbuhan KMK sebesar 8,2 persen yoy, kredit investasi tumbuh sebesar 10 persen yoy, dan kredit konsumsi tumbuh stabil 9,1 persen yoy," tambahnya.

Di samping itu, Erwin juga melaporkan bahwa aktiva luar negeri bersih pada Agustus tumbuh sebesar 4,7 persen yoy, lebih rendah dibandingkan pertumbuhan Juli 2023 sebesar 9 persen yoy. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA