Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Panen Raya, Bawang Merah Turun Harga di Beberapa Kota di Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 01 September 2023, 16:47 WIB
Panen Raya, Bawang Merah Turun Harga di Beberapa Kota di Indonesia
Ilustrasi/Net
rmol news logo Harga bawang merah di sebagian besar wilayah Indonesia mengalami penurunan pada Agustus 2023.Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan ada catatan deflasi nasional sebesar 12,74 persen (month-to-month/mtm).

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini dalam Rilis Perkembangan Indeks Harga Konsumen Agustus 2023 di Jakarta, Jumat (1/9), mengatakan, deflasi bawang merah berkontribusi 0,05 persen terhadap deflasi bulan Agustus.

“Deflasi bawang merah terjadi di semua Indeks Harga Konsumen (IHK). Deflasi terdalam terjadi di Banyuwangi, yaitu sebesar 30,11 persen,” katanya, menambahkan bahwa beberapa wilayah yang paling dominan dalam catatan deflasi adalah kota-kota di Pulau Jawa, Sumatera dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dikutip dari Antara, panen raya serentak yang terjadi di sejumlah kabupaten/kota sentra produksi bawang merah membuat peningkatan suplai bawang merah sehingga harga komoditas mengalami deflasi.

Pudji mengatakan terdapat beberapa komoditas pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau yang memberikan andil inflasi secara bulanan, di antaranya beras, cabai merah, rokok kretek filter, dan cabai rawit.

Beberapa komoditas lainnya yang berkontribusi terhadap deflasi sebesar 0,01 persen adalah ikan segar, bahan bakar rumah tangga, tarif angkutan udara, dan kacang panjang. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA