Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rupiah Lesu, Bamsoet: Ini Bukan Kali Pertama Dan Kita Selalu Berhasil Mengatasinya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 23 Maret 2020, 15:55 WIB
Rupiah Lesu, Bamsoet: Ini Bukan Kali Pertama Dan Kita Selalu Berhasil Mengatasinya
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo/Net
rmol news logo Nilai rupiah melemah terhadap dolar. Tercatat hari ini pukul 12.00 WIB, rupiah berada pada posisi Rp 16.550. Hal ini diduga disebabkan karena dampak sentimen wabah virus corona yang menggerogoti berbagai sektor ekonomi.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo menyampaikan, pelemahan terhadap nilai mata uang tidak hanya terjadi pada Indonesia saja, melainkan negara-negara lain yang terkena wabah virus corona.

“Ya menurut saya Indonesia tidak sendiri. Hampir semua mengalami hal yang sama. Kita tidak boleh pesimis, kita harus optimis melewati masa-masa kritis ini dengan baik. Kita bukan sekali ini saja mengalami pelemahan rupiah dan kita berhasil mengatasinya,” ujar Bamsoet di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/3).

Guna menekan laju inflasi akibat melemahnya pertumbuhan ekonomi nasional, politisi Partai Golkar ini menyarankan pemerintah meningkatkan daya beli masyarakat dan menggairahkan sektor UMKM.

“Pertama pemerintah harus melakukan menjaga daya beli masyarakat melalui program BLT (bantuan langsung tunai) dan sudah diumumkan itu kan,” katanya.

Selain itu, Bamsoet juga menyarankan pemerintah mengambil langkah taktis dan meminta DPR menyetujui usulan penggelontoran Rp 62 triliun untuk mengatasi corona.

“Menurut saya, berapa pun akan kami (DPR) keluarkan agar kita bisa keluar dari krisis ini,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA