Studi terbaru Kantar Millward Brown Tokopedia meraih peringkat pertama sebagai Iklan Ramadan yang paling disukai
(Most loved Indonesian Ramadan ads).
Angkat tema 'Kesempatan Terbaik', iklan Tokopedia menceritakan bagaimana seorang ibu yang walaupun kesulitan dalam mencukupi kebutuhan hidupnya, tetap menyisihkan uang untuk membeli udang yang diinginkan anaknya.
Bertahun-tahun setelahnya, ibu dan anak tersebut mengunjungi rumah makan seafood dan mengingat kembali peristiwa tersebut.
"Iklan yang menyentuh tersebut memperoleh penghargaan sebagai
most unique dan
most buzzworthy oleh pemirsa di Indonesia," kata Emma Mussell, Group Account Director and Head of Creative, Kantar Millward Brown Indonesia, Jumat (17/8).
Iklan lain yang memperoleh rating tinggi dari pemirsa diantaranya adalah Nestlé dengan 'Baca Keliling', meraih penghargaan
'most enjoyable' untuk kisah anak muda yang membuat perpustakaan berjalan dengan sepeda motor.
Lalu GO-JEK dengan 'Mencari Pahala', sebagai
'most unique' mengenai anak laki-laki yang mencari arti atas pahala.
Melalui tema 'Goyang Hujan Emas Shopee' terpilih sebagai
'most noticed' atas tarian goyang telepon selularnya yang mudah diingat, mendorong orang untuk menggoyangkan telepon selular mereka untuk mendapatkan diskon.
Studi ini juga mengungkapkan banyaknya tema iklan yang bersifat orisinil selama musim liburan, dengan membawa sudut pandang baru bagi motif iklan tradisional di dunia periklanan.
Berdasarkan studi ini, iklan Ramadan terbaik hampir 1,5 kali lebih unik dibandingkan iklan rata-rata dalam database periklanan Indonesia Kantar Millward Brown Link.
Emma Mussell menambahkan, dengan tingkat kematangan merek dan kategori di Indonesia, iklan yang sangat baik telah menjadi lebih penting dibandingkan dengan sebelumnya untuk mendapatkan perhatian pemirsa.
"Ramadan tahun ini menunjukkan bagaimana iklan yang sukses membawa tema yang dekat dengan konsumen Indonesia, membawa tren budaya yang sedang berlangsung, lalu dikombinasikan dengan kreatifitas untuk membawa perspektif baru dalam tema yang familiar," katanya.
[rry]
BERITA TERKAIT: