Gapura Angkasa Perkuat

Layanan Penumpang Pesawat

Rabu, 18 Oktober 2017, 09:18 WIB
Gapura Angkasa Perkuat
Foto/Net
rmol news logo PT Gapura Angkasa meluncurkan Joumpa, layanan Very Important Person (VIP) bagi penumpang pesawat udara yang bisa dinikmati di lebih 50 bandara di bawah kelola PT Angkasa Pura I (AP I) Persero dan PT Angkasa Pura II (AP II) Persero.

 Layanan ini bisa meningkat­kan bisnis layanan perusahaan dan sekaligus meningkatkan daya saing menghadapi pemain layanan bandara milik swasta.

Direktur Utama Gapura Angkasa Sucipto menjelaskan, layanan Joumpa memberikan kemudahan penumpang pesawat udara di bandara lewat beragam produk. Mulai dari layanan kedatangan hingga keberang­katan, seperti meet and greet saat penumpang tiba di bandara, transfer atau pindah pesawat, fast track imigrasi untuk penerbangan internasional hingga servis pengantaran bagasi.

"Kami sudah mengembangkan layanan hospitality sejak 2006. Saat ini, layanan tersebut dire­vitalisasi menjadi Joumpa demi menyempurnakan layanan di ban­dara," kata Sucipto kepada Rakyat Merdeka di Jakarta, kemarin.

Menurut Sucipto, revitalisasi layanan hospitality yang digarap Gapura Angkasa perlu dilakukan mengingat saat ini persaingan bisnis pelayanan di bandara semakin ketat.

Data perusahaan menunjuk­kan, jumlah tamu bandara terus meningkat setiap tahun karena meningkatnya sektor pariwisata dalam negeri. Tahun 2014, kun­jungan wisatawan domestik mencapai 80 juta dan ditargetkan tembus 160 juta di 2025.

"Peluang ini cukup menjanji­kan bagi bisnis pelayanan ban­dara. Kami terus meningkatkan bisnis lebih profesional melalui rebranding ini," jelas Sucipto.

Layanan Joumpa memiliki berbagai keunggulan dibanding layanan sejenis yang terdapat di beberapa bandara besar di Indo­nesia. Selain itu, kata Sucipto, Joumpa didukung petugas terla­tih, berpengalaman serta memi­liki pengetahuan tentang service product dari maskapai penerbangan maupun bandara.

"Dengan berbagai keunggulan ini bisa tercipta pelayanan istime­wa untuk melengkapi layanan maskapai penerbangan maupun layanan bandara," terangnya.

General Manager Joumpa Cabang Denpasar Eka Ariani menambahkan, Joumpa juga dilengkapi layanan khusus pen­dampingan anak kecil yang bepergian sendiri di bandara atau pelaksana event tertentu.

"Biasanya ada pemesanan untuk ulang tahun, hari jadi pernikahan, bulan madu. Kita bisa siapkan akomodasinya dan beri pelayanan yang diinginkan di bandara," ujar Eka.

Vice President Commercial Service Gapura Angkasa Oka, Tiaksa mengatakan, untuk rate harga pelayanan Joumpa dise­suaikan dengan paket layanan yang diinginkan pelanggan.

"Tiap bandara beda harga. Untuk penerbangan domestik rate-nya mulai Rp 150 ribu, ini untuk pelayanan meet and greet. Sementara untuk penerbangan internasional mulai Rp 300 ribu," ujar Oka.

Gapura Angkasa, lanjut Oka, juga sudah menggandeng hotel dan layanan transportasi di ber­bagai kota di Indonesia, sehingga layanan VIP ini bisa dinikmati masyarakat yang menggunakan penerbangan ekonomi.

"Kalau dulu, layanan VIP hanya untuk penumpang first class, sekarang bisa dinikmati penumpang ekonomi. Sebagian besar yang menikmati layanan ini adalah wisatawan, namun tidak sedikit juga dipesan oleh instransi dan perorangan," tegas Oka.

Untuk menikmati fasilitas dari Joumpa, kata Oka, penump­ang tak perlu bingung. Cukup menghubungi hotline Joumpa atau membuka website Joumpa. Penumpang cukup membuat reservasi.

"Yang paling penting, penumpang harus sudah memiliki tiket dan siap untuk terbang. Jika penumpang belum melakukan pembelian tiket, fasilitas Joumpa belum bisa dinikmati sepenuh­nya," tegasnya. ***

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

FOLLOW US

ARTIKEL LAINNYA