Sementara, data yang dihimpun dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menunjukan bahwa Indonesia baru memiliki sekitar, 1,6 persen pelaku wirausaha dari total jumlah penduduk 250 juta jiwa.
Calon Ketua Umum HIPMI Jakarta Raya (Jaya), Afifuddin Suhaeli Kalla
berpendapat, harus diubah mindset atau pola pikir masyarakat terutama generasi muda yang tinggal di Jakarta.
"Kebanyakan anak muda mereka bercita-cita untuk menjadi seorang karyawan di perusahaan bonafit dengan gaji besar, atau di zona nyaman dengan menjadi PNS. Ini pola pikir (mindset) yang harus kita ubah bersama melalui gerakan menjadi seorang pengusaha," ujar Afifuddin di Jakarta.
Untuk itu, pria yang kerap disapa Afi ini mengatakan dirinya berkomitmen akan menumbuhkan ‘bibit-bibit’ baru pengusaha pemula dengan menanamkan pendidikan kewirausahaan, dan pelatihan bisnis secara intensif.
"Dengan memiliki mindset yang tepat, maka peluang anak-anak muda untuk sukses di dunia usaha juga akan lebih besar," jelas CFO PT Bukaka Teknik Utama, Tbk.
Adapun salah satu upaya yang dilakukannya dengan mendirikan 20 HIPMI PT di beberapa kampus di Jakarta. Di samping itu juga menggelar kompetisi business plan antar HIPMI PT untuk memacu semangat kewirausahaan para mahasiswa.
"Selain itu, kami juga berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan usaha mereka lewat bantuan permodalan dari partner bank maupun non perbankan," kata Afi.
Selain membawa keuntungan bagi diri sendiri, menurut Afi, menjadi pengusaha berarti juga berkontribusi bagi negara. Maksudnya, dengan semakin banyak perusahaan baru, maka semakin besar pula penerimaan negara dari perpajakan. Yang mana, dapat dimanfaatkan untuk pembangunan dan pembiayaan infrastruktur negara.
Tak hanya itu, pengusaha baru akan membuka lapangan kerja dan mendorong daya beli masyarakat.
"Ini mungkin sering luput dari pemikiran kita, tapi faktanya menunjukan dengan bertambahnya pengusaha baru, lapangan kerja akan lebih banyak terserap, industri bergerak lebih cepat, dan daya beli masyarakat ikut meningkat," terangnya.
[wid]
BERITA TERKAIT: