Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bos Garuda Indonesia Dan AP II Buktikan Spirit Indonesia Incorporated

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Rabu, 23 Maret 2016, 15:43 WIB
Bos Garuda Indonesia Dan AP II  Buktikan Spirit <i>Indonesia Incorporated</i>
arif wibowo-budi karya sumadi
rmol news logo Pembukaan penerbangan Garuda rute Jakarta-Silangit-Sibolga yang dimulai kemarin (Selasa, 22/3) merupakan komitmen PT Garuda Indonesia untuk menggenjot jumlah wisatawan. Apalagi, penerbangan ke kawasan Danau Toba tersebut seminggu 3 kali.

"Kami mendorong pariwisata kita maju, target 20 juta di tahun 2019 tercapai, dan ekonomi masyarakat di kawasan Danau Toba ikut terangkat," kata Arif Wibowo.

Dia menyebut Toba adalah destinasi yang iconic, memiliki sejarah panjang dan cerita di balik terbentuknya kaldera raksasa yang kuat sebagai modal untuk eksplorasi lebih dalam di pariwisata. "Kami coba, awali dengan dua step, yakni kombinasi rute Jakarta-Silangit-Sibolga, sampai pada kemampuan kita menerbangkan Boing 737-800 ke sana,” kata Arif Wibowo.

Dukungan yang sama juga disampaikan Dirut PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi, yang diamanati Presiden Joko Widodo untuk menyempurnaka fasilitas bandara di ketinggian 1.400 meter dari permukaan laut itu.

Untuk alasan keamanan, bandara yang berada di Siborong-Borong itu akan diperlebar landasannya hingga 45 meter, dan memperpanjang dari 2.400 menjadi 2.650 meter. "September nanti menjelang Festival Danau Toba dan perayaan Natal Desember 2016, sudah selesai dan bisa didarati pesawat berbadan besar," ungkap Budi Karya.

Dia membayangkan, perjuangan orang menuju Danau Toba sekarang ini memang tidak mudah. Turun di Kuala Namu, harus menempuh jalan darat 4-5 jam. "Karena itu, terima kasih pada Garuda yang dengan segala perjuangan, bisa menerbangi Silangit, dan langsung di atas danau yang legendaris itu," jelas Budi.

Promosi pariwisata Danau Toba yang dilakukan kedua bos BUMN saat Inagural Flight” atau terbang perdana Garuda Indonesia rute Jakarta-Silangit-Sibolga, kemarin tersebut diacungi jempol. Keduanya dinilai memberi contoh konkret spirit Indonesia Incorporated.

Pada penerbangan perdana Garuda Indonesia itu, Plt Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi lagi-lagi mengucapkan terima kasih atas kerja cepat dan kompak selama ini. Terutama, Kemenhub, Kemenpar, Kemen-PUPR, dan Kemen-BUMN, yang langsung mengerahkan dua BUMN terkait, yakni PT Garuda dan PT AP II.

Sementara, armada yang akan dioperasikan dalam penerbangan ke Silangit ini adalah pesawat Bombardier CRJ-1000 NextGen Explore Jet” berkapasitas 96 penumpang dengan konfigurasi all economy class.

Sementara itu, Ketua Tim Percepatan 10 Top Destinasi Kementerian Pariwisata RI, Hiramsyah Sambudhy Thaib, juga menyambut antusias dan mengucapkan terima kasih atas penerbangan perdana itu.

Dia melaporkan kepada para bupati, gubernur dan semua stakeholder di daerah, bahwa proses finalisasi Badan Otorita Pariwisata Danau Toba sedang dikebut. "Semoga semuanya lancar, dan kawasan wisata yang indah ini segera menjadi destinasi kelas dunia," demikian Hiramsyah. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA