Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Besok Pagi, Garuda Terbang Perdana Cengkareng-Silangit

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Senin, 21 Maret 2016, 20:58 WIB
Besok Pagi, Garuda Terbang Perdana Cengkareng-Silangit
rmol news logo Penerbangan perdana Garuda dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng ke Bandara Silangit, Tapanuli Utara pukul 08.20 WIB besok (Selasa, 22/3) diharapkan menjadi awal kebangkitan wisata di kawasan tersebut, terutama Danau Toba.

"Saya berharap penerbangan perdana ini menjadi penanda percepatan Badan Otorita Pariwisata (BOP) Danau Toba, yang tengah digodok oleh Tim Percepatan 10 Top Destinasi Pariwisata," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam rilisnya (Senin, 21/3).

Dengan penerbangan perdana tersebut, Menpar mengungkapkan janji Presiden Joko Widodo untuk mempercepat connectivity menuju destinasi wisata Danau Toba terealisasi. "Presiden Joko Widodo sudah menggariskan, tahun 2016 sebagai tahun percepatan," ucapnya.

Karena itu dia sendiri berterima kasih kepada PT Garuda Indonesia, Angkasa Pura II. Selain kepada Kementerian BUMN, mantan Dirut PT Telkom ini juga menaruh rasa hormat pada Kementerian PU PR yang terus mengebut membangun akses dari Kuala Namu ke Tebing Tinggi, lalu pelebaran sampai Parapat. Juga Kemenhub yang melakukan percepatan terhadap pelebaran runway bandara Silangit itu.

"Spirit Indonesia Incorporated di percepatan 10 top destinasi ini bisa menjadi model pembangunan di semua lini," imbuhnya.

Danau Toba adalah satu dari 10 Bali Baru yang digagas Presiden Jokowi untuk mempercepat menuju target 12 juta wisman di tahun 2016, dan 20 juta di tahun 2019. Sebelum ke Toba pada awal bulan lalu, Presiden sempat meninjau fasilitas bandara Silangit, yang akhirnya diputuskan untuk diperpanjang landasannya dari 2.400 menjadi 2.650 meter, dan lebar dinaikkan dari 30 meter, menjadi 45 meter. Termasuk perluasan terminal penumpang, agar mampu menampung lebih banyak penumpang dan pengantar.

Progres connectivity dengan percepatan Bandara Silangit ini boleh dibilang, ngebut. Diawali dari Ratas Presiden Jokowi 2 Februari 2016 di Kantor Presiden. Sebulan kemudian, peninjauan ke lokasi 1 Maret 2016. Dan, 22 Maret sudah penerbangan perdana, yang nantinya akan diterbangi 3 kali seminggu.

"Ini adalah bagian dari percepatan 10 destinasi wisata prioritas, yaitu: Borobudur, Mandalika, Labuhan Bajo, Bromo-Tengger-Semeru, Kepulauan Seribu, Toba, Wakatobi, Tanjung Lesung, Morotai, dan Tanjung Kelayang," jelas Arief Yahya.[zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA