Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menteri Saleh: Bitung, "Jalan Sutera" di Asia Pasifik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Kamis, 30 April 2015, 23:18 WIB
Menteri Saleh: Bitung, "Jalan Sutera" di Asia Pasifik
Menperin (tengah) memperhatikan daging beku (frozen) ikan tuna yang telah dikemas di PT Perikanan Nusantara
rmol news logo Posisi Bitung, Sulawesi Utara, sangat strategis karena menjadi pintu gerbang dan jalan sutera di Asia Pasifik. Karena itu, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, dan khususnya Pengembangan Kawasan Industri Bitung sudah difasilitasi Kementerian Perindustrian sejak tahun 2008.

Demikian disampaikan Menteri Perindustrian Saleh Husin di Balai Kota Bitung, Kamis (30/4), dalam rangkaian kunjungan kerja ke Sulut. Kunjungan ini merupakan bagian dari pengembangan kawasan industri di luar Jawa.

Khusus, pada Tahun Anggaran 2015 ini, dia menjelaskan, pemerintah akan menyiapkan lahan kawasan Industri secara bertahap dan pembangunan infrastruktur penunjang kawasan industri.

"Untuk kali ini, kami akan meninjau industri perikanan yang menjadi pionir dalam pengembangan kawasan industri perikanan di Bitung," kata Menperin Saleh Husin.

Dengan komitmen kuat pemerintah, Bitung diharapkan segera menjadi Kota industri baru sebagai motor penggerak Wilayah Pusat Pertumbuhan Ekonomi di Sulawesi Utara.

"Tentu saja, Kawasan Ekonomi Khusus maupun Kawasan Industri Bitung perlu dukungan dari pemerintah provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota Bitung secara konsisten dan berkelanjutan," ujar Saleh.

Wakil Walikota Bitung Max J Lomban menuturkan pada kesempatan yang sama, potensi kemaritiman Bitung mendukung Kawasan Ekonomi Khusus. "Bitung berada di bibir Pasifik yang menjadi poros alur logistik perdagangan luar negeri dari Papua maupun kawasan timur lainnya," paparnya.

Dia juga berharap, fasilitas infrastruktur terutama listrik segera dipenuhi. Pasalnya, pelaku industri pengolahan hasil laut sangat membutuhkan.

Usai acara tersebut, Menperin mengunjungi PT Perikanan Nusantara (Persero) di Bitung. BUMN perikanan ini siap mengoptimalkan produksi menjelang pengembangan Bitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus.  

Secara nasional, Pemerintah telah menetapkan akan dibangun 14 Kawasan Industri baru di luar Jawa.

Untuk wilayah Papua, Maluku, Nusa Tenggara dan Sulawesi, Kementerian Perindustrian akan memfasilitasi pembangunan 7 kawasan industri yaitu di Teluk Bintuni (Papua Barat), Halmahera Timur (Maluku Utara), Bitung (Sulawesi Utara), Palu (Sulawesi Tengah), Morowali (Sulawesi Tengah), Konawe (Sulawesi Tenggara) dan Bantaeng (Sulawesi Selatan) serta 11  sentra industri kecil menengah. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA