Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menperin Dukung PTM Kembangkan IKM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Senin, 23 Maret 2015, 22:21 WIB
Menperin Dukung PTM Kembangkan IKM
ist
rmol news logo . Perguruan tinggi selama ini berperan penting dalam menciptakan inovasi-inovasi baru dalam memajukan wirausaha. Karena pengajar hingga mahasiswa tumbuh dalam lingkungan inovatif. Karena itu diyakini banyak karya yang bisa diterapkan dalam memajukan industri kecil dan menengah (IKM).

Demikian disampaikan Menteri Perindustrian Saleh Husin saat menerima Rektor Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA), Prof. Dr. Suyatno bersama Pembantu Rektor Bidang Akademik Dr. Gunawan Suryoputero di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (23/3).

Karena itu dia mengapresiasi inisiatif kalangan perguruan tinggi turut mengembangkan IKM.

Karena kepada Menteri Saleh, Prof. Dr. Suyatno dan Dr. Gunawan Suryoputero memaparkan rencana kerja perguruan tinggi di lingkungan Muhammadiyah untuk membangun kerjasama memajukan industri dengan Kemenperin. 

Sebab selain sebagai rektor dan purek, keduanya merupakan pimpinan Majelis Pendidikan Tinggi PP Muhammadiyah. Di seluruh Indonesia, jumlah perguruan tinggi Muhammadiyah sebanyak 172 buah.

Menperin menilai inisiatif Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) tersebut tak lepas dari keberadaan lembaga pendidikan ini yang memang berakar dari masyarakat Indonesia. "Saya yakin banyak riset dan teknologi terapan yang bermanfaat untuk industri kecil menengah," kata Menteri Saleh Husin seperti dikutip dari siaran persnya.

Untuk itu, lanjutnya, Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah Kemenperin akan menindaklanjuti pertemuan tersebut. "Ada beberapa program  yang dapat dilakukan dengan kerja sama. Misalnya dalam peningkatan kompetensi SDM, pemutakhiran teknologi, standardisasi, HAKI, dan promosi," ujar Euis Saedah.

Ke depan, wacana kerja sama PTM dengan Kemenperin akan ditindaklanjuti dengan diskusi-diskusi yang lebih mendalam. Rencananya, Menperin dan Dirjen IKM juga akan hadir dalam Rapat Koordinasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia, pada 17-18 April 2015 di Mataram, NTB. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA