Dimensy.id
R17

Italia Siapkan Dana Rp17 Triliun untuk Kembangkan Proyek Kecerdasan Buatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 13 Maret 2024, 13:45 WIB
Italia Siapkan Dana Rp17 Triliun untuk Kembangkan Proyek Kecerdasan Buatan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pemerintah Italia menyiapkan dana investasi hingga 1 miliar euro atau senilai Rp17 triliun untuk mendukung proyek pengembangan kecerdasan buatan (AI).

Rencana tersebut diumumkan Perdana Menteri Italia, Giorgia Meloni, di sebuah acara pada Selasa (12/3) waktu setempat, sebelum mereka menjadi tuan rumah pertemuan para menteri teknologi kelompok tujuh negara terkaya dunia (G7) yang membahas tentang AI.

Investasi tersebut, kata Meloni akan digunakan untuk mempromosikan proyek kecerdasan buatan, dan mengatur tentang undang-undang terkait penggunaannya.

"Ini adalah teknologi yang dapat mengeluarkan seluruh potensi positifnya hanya jika pengembangannya dilakukan dalam batasan aturan etika yang mengutamakan manusia, hak dan kebutuhannya," kata Meloni, dikutip Economic Times, Rabu (13/3).

Menurut Meloni, AI sendiri akan menjadi prioritas mereka pada kepresidenan Italia di G7 tahun ini, dengan harapan bahwa negara itu dapat mengembangkan AI dan mengatur penggunaannya yang beretika dan berpusat pada manusia.

"Italia juga berupaya mengembangkan mekanisme yang tepat untuk pemantauan sukarela terhadap penerapan kode etik AI tidak mengikat yang disepakati oleh negara-negara G7,"pungkas Meloni. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA