Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kakorlantas Cek Kesiapan Satgas Pamwalrolakir Jelang Upacara Kemerdekaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Minggu, 11 Agustus 2024, 02:57 WIB
Kakorlantas Cek Kesiapan Satgas Pamwalrolakir Jelang Upacara Kemerdekaan
Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen Pol. Aan Suhanan/Ist
rmol news logo Jelang peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia yang akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen Pol. Aan Suhanan, melakukan pengecekan terhadap kesiapan personel dan kendaraan pengamanan, pengawalan rute lalu lintas dan parkir (pamwalrolakir) Ditlantas Polda Kaltim di Islamic Center Balikpapan.

"Hari ini saya melakukan pengecekan terhadap kesiapan Satgas Pamwalrolakir. Dari data laporan Pak Dirlantas, secara keseluruhan sudah siap mengamankan dan mengawal rangkaian acara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di IKN ini," ungkap Irjen Pol. Aan Suhanan dalam keterangan yang diterima redaksi, Sabtu (10/8).

Sebanyak 898 personel akan dilibatkan dalam Satgas Pamwalrolakir untuk memastikan kelancaran dan keamanan selama rangkaian kegiatan berlangsung. 

Kakorlantas menekankan pentingnya kesiapan kendaraan pengamanan. Menurutnya, seluruh kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, telah melalui pengecekan menyeluruh untuk memastikan semuanya dalam kondisi prima dan siap digunakan.

"Ada 87 kendaraan roda empat dan 31 kendaraan roda dua yang sudah siap operasional, bahkan sudah menjalankan tugas pagi dan siang hari ini," jelasnya.

Kakorlantas juga menegaskan bahwa Satgas Pamwalrolakir telah melakukan berbagai simulasi untuk memastikan kesiapan mereka dalam mengamankan acara besar tersebut.

"Simulasi telah dilakukan beberapa kali, baik untuk pengawalan maupun pengamanan rute. Beberapa waktu lalu kami juga sudah latihan, sehingga pada hari H nanti kita betul-betul siap untuk mengamankan event yang luar biasa ini," tambahnya.

Irjen Pol. Aan Suhanan berharap dengan persiapan yang baik dan komitmen yang tinggi dari seluruh personel, peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 ini dapat berlangsung dengan aman, tertib, dan lancar.

"Saya sampaikan kepada personel agar dipersiapkan dengan baik sehingga event yang luar biasa ini kita bisa kelola dengan baik secara luar biasa sehingga hasilnya lebih maksimal," pungkasnya.

Usai melakukan pengecekan, Kakorlantas beserta jajaran melanjutkan kegiatan dengan melakukan pemantauan kondisi jalan tol menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk memastikan kelancaran akses menuju kawasan tersebut. Selain itu, juga meninjau secara langsung lokasi Istana Negara dan lapangan upacara yang akan menjadi pusat kegiatan HUT Kemerdekaan di IKN.

Turut mendampingi Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi, Kasubdit Jemenopsrek Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Ari Subiyanto, Kasubditwal dan PJR Kombes Pol Faizal dan jajaran lainnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA