Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polresta Banda Aceh Tindak 888 Pelanggaran Sepanjang Operasi Patuh Seulawah 2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 30 Juli 2023, 06:55 WIB
Polresta Banda Aceh Tindak 888 Pelanggaran Sepanjang Operasi Patuh Seulawah 2023
Polda Aceh tindak 888 pelanggaran lalu lintas sepanjang Operasi Patuh 2023/Ist
rmol news logo Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banda Aceh mencatat ada 888 kali pelanggaran selama menggelar Operasi Patuh Seulawah 2023. Operasi Patuh Seulawah ini berlangsung sejak 10 Juli sampai 23 Juli 2023.

"Jumlah total penegakan hukum operasi patuh selama 2023 ada 888 kali pelanggaran," kata Kapolresta Banda Aceh, Kombes Fahmi Irwan Ramli, kepada Kantor Berita RMOLAceh, Sabtu (29/7).

Fahmi merinci, dari 888 pelanggaran tersebut, sebanyak 222 penindakan berupa tilang manual. Sementara 666 penindakan berupa teguran secara lisan.

Selanjutnya, Fahmi menjelaskan, tidak hanya melakukan penindakan terhadap kendaraan roda dua, pihaknya juga melakukan penindakan terhadap roda empat. Untuk penindakan roda dua, sebanyak 161 pelanggar tidak menggunakan helm.

"Lalu 21 pelanggar melawan arus lalu lintas," ujarnya.

Sementara, untuk pelanggaran kendaraan roda empat di antaranya tidak menggunakan sabuk keselamatan saat berkendara. Ketika melakukan penindakan, pihaknya turut menyita 161 buah Surat Izin Mengemudi (SIM) dan 61 Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Polda Aceh beserta Polres jajaran telah melaksanakan operasi kepolisian bidang lalu lintas. Kegiatan dengan sandi "Patuh Seulawah" ini berlangsung sejak 10 Juli hingga 23 Juli 2023.

"Untuk itu masyarakat diimbau memastikan kelengkapan kendaraan dan tertib dalam berlalu lintas," ujar Wakapolda Aceh, Brigjen Syamsul Bahri, dalam amanatnya saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Seulawah 2023 di Polda Aceh, Senin (10/7).

Menurut Samsul, operasi yang mengangkat tema "Patuh dalam Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa" ini bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta meminimalisir angka fatalitas. Selain itu juga untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

"Semoga pengabdian yang telah diberikan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi catatan amal ibadah di hadapan Allah SWT. Mudah-mudahan juga kita semua senantiasa diberikan petunjuk oleh-Nya," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA