Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapolri Minta Ujian Praktik SIM C Dievaluasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Rabu, 21 Juni 2023, 22:02 WIB
Kapolri Minta Ujian Praktik SIM C Dievaluasi
Ujian praktik pembuatan SIM C untuk pengendara sepeda motor/Ist
rmol news logo Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, memerintahkan Kakorlantas Irjen Firman Shantyabudi serta jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) se-Indonesia memperbaiki sistem birokrasi pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM). Terutama ujian praktik pembuatan SIM C kendaraan bermotor roda dua atau sepeda motor.

"Saya minta Kakorlantas tolong untuk lakukan perbaikan, yang namanya angka 8 itu masih sesuai atau tidak yang melewati zig zag itu sesuai atau tidak," kata Listyo saat Upacara Wisuda Program Pendidikan Ilmu Kepolisian di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Rabu (21/6).

"Kalau sudah tidak relevan tolong diperbaiki," sambungnya.

Menurut Kapolri, sistem yang terkesan akan berujung timbulnya praktik-praktik korup yang dilakukan petugas. Sebab, masyarakat yang ingin lolos demi mendapatkan SIM cenderung mengambil jalan pintas dengan membayar sejumlah uang.

Itu sebabnya, Kapolri juga memerintahkan Kakorlantas dan jajaran melakukan studi banding agar menemukan model yang ideal dalam proses pembuatan SIM bagi masyarakat.

"Jadi saya minta studi banding segera, kalau bisa satu bulan ini ujian praktik SIM dipermudah, disesuaikan," kata Sigit. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA