Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KIB Simpan Capres karena Terbelenggu Bayang-bayang Kekuasaan Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 30 Juli 2022, 10:57 WIB
KIB Simpan Capres karena Terbelenggu Bayang-bayang Kekuasaan Jokowi
Tiga Ketua Umum Partai Politik dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)/Net
rmol news logo Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) merupakan koalisi yang pertama kali dibentuk namun hingga hari ini belum berani mendeklarasikan capres dan cawapres.

Pengamat politik dari Indonesia Political Power, Ikhwan Arif berujar jika dilihat dari proses terbentuknya, KIB merupakan koalisi irisan dari koalisi pemerintahan eksekutif Presiden Jokowi.

Maka, kata dia, tidak heran sampai hari ini keinginan koalisi untuk segera mendeklarasikan calon terhalangi oleh kerja-kerja di pemerintahan Presiden Jokowi.

"Langkah KIB terbelenggu oleh bayangan-bayang kekuasaan eksekutif di pemerintahan Presiden Jokowi. Jadi tidak heran jika sampai saat ini KIB mengulur waktu untuk mendekrasikan calon yang akan diusung," kata Ikhwan Arif kepada redaksi, Sabtu (30/7).

Ikhwan Arif mengatakan posisi menteri yang diemban masing-masing petinggi partai di KIB, juga menjadi pertimbangan khusus bagi figur atau tokoh yang akan maju pada Pilpres 2024 nanti.

Dalam koalisi KIB, ketiga Ketum juga menjabat menteri, yakni Ketum Golkar Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian, Ketum PAN Zulkifli Hasan sebagai Mendag, dan Ketum PPP Suharso Monoarfa sebagai Menteri PPN/ Bappenas.

Namun dari tiga sosok tersebut, hanya Airlangga yang menjadifigur terkuat untuk menjadi bakal calon presiden.

"Sedangkan Suharso dan Zulkifli Hasan sulit untuk membantu mendongkrak suara untuk meraih kemenangan," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA