Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Berjasa bagi Adat dan Orang Melayu, Irjen Iqbal Dianugerahi Datuk Wira Lela Setia Negeri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 18 Juni 2022, 00:48 WIB
Berjasa bagi Adat dan Orang Melayu, Irjen Iqbal Dianugerahi Datuk Wira Lela Setia Negeri
Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal bersama isteri saat prosesi panabalan gelar adat Datuk Wira Lela Setia Negeri/Ist
rmol news logo Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal dianugerahi gelar kehormatan adat sebagai Datuk Wira Lela Setia Negeri. Iqbal resmi menyandangnya usai dilakukan proses penabalan gelar dilakukan oleh tokoh adat dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Dumai, Jumat pagi (17/6).

Datuk Wira Lela Setia Negeri yang disematkan kepada Iqbal ini lantaran alumnus Akpol 1991 itu dinilai telah berjasa bagi adat dan masyarakat Melayu, khususnya di Kota Dumai.

Saat prosesi penabalan gelar adat, Iqbal didampingi oleh sang istri, Datin Nindya M Iqbal dengan menggunakan busana melayu warna hitam dan corak kuning keemasan.

Hadir dalam kesempatan itu, Gubernur Riau Syamsuar, Ketua DPRD Riau Yulisman, Wali Kota Dumai Paisal, tokoh adat dari LAMR Kota Dumai dan beberapa tokoh masyarakat lainnya.

Iqbal mengaku sangat terhormat, dengan gelar yang diterimanya. Ia menyatakan ini adalah anugerah luar biasa.

"Alhamdulillah, saya sangat bersyukur atas penabalan (gelar kehormatan adat) ini. Ini adalah anugerah yang sangat luar biasa bagi saya sekeluarga. Baik saya secara pribadi, keluarga, dan selaku Kapolda," kata Iqbal.

Dumai, ungkap Iqbal tidak ubahnya seperti kampung halamannya sendiri. Sebab, pada pada tahun 2003, Iqbal pernah bertugas di Kota Dumai. Waktu itu ia adalah Wakapolres.

Saat diamanahkan sebagai Wakapolres Dumai, Iqbal mengakui dirinya bergaul dengan siapa saja, semua elemen masyarakat. Ia tak menyangka, saat sekarang menjadi Kapolda Riau, LAMR Kota Dumai menganugerahkan gelar kehormatan adat.

Menurut mantan Kapolda NTB ini, gelar adat yang diterimanya sekaligus merupakan amanah. Ia pun berkomitmen untuk menjaga itu.

"Saya harus menjaga itu, menjaga gelar, menjaga kearifan lokal adat istiadat, dan juga menjaga semangat agar saya melakukan tugas-tugas kepolisian, memelihara keamanan, memelihara ketertiban masyarakat, sebagai pelindung, pelayan dan pengayom masyarakat," pungkas jebolan Akpol 1991 tersebut.rmol news logo article

EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA