Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Sepanjang Maret-Juni 2022, Satu Kamera ETLE di Medan Jaring 14 Ribu Pelanggar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 09 Juni 2022, 23:40 WIB
Sepanjang Maret-Juni 2022, Satu Kamera ETLE di Medan Jaring 14 Ribu Pelanggar
Dirlantas Polda Sumatera Utara (Sumut), Kombes Pol Indra Darmawan/Net
rmol news logo Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumatera Utara melalui kamera Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang eletronik di Medan, berhasil menjaring lebih dari 14 ribu pelanggar lalu lintas sepanjang Maret hingga Juni 2022.

Dikatakan Dirlantas Polda Sumatera Utara (Sumut), Kombes Pol Indra Darmawan, tangkapan kamera tersebut baru dari satu kamera ETLE.

"Kita sudah memiliki dua kamera ETLE, yang satu sudah bisa beroperasional full, sudah bisa melakukan penindakan secara elektronik. Sudah hampir 14 ribuan pelanggar yang tercapture dan 1.500an sudah konfirmasi dan membayar denda tilang, 4 ribu kendaraan terblokir," ujar Indra dalam keterangannya, Kamis (9/6).

Indra menjelaskan, kamera ETLE yang kedua sudah terpasang dan mulai disosialisasikan kepada masyarakat. Dia menyebutkan, kamera itu segera dioperasionalkan dalam waktu dekat.

"Yang kedua kami juga sudah pasang di Kota Medan, jadi ada dua ini masih dalam tahap ujicoba, jadi mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa segera operasionalkan dalam mendukung operasi patuh yang akan kita laksanakan," tuturnya.

Lanjutnya, Walikota Medan Bobby Afif Nasution pun telah memberikan dukungan pada integrasi kamera yang ada di Kota Medan. Katanya, pengembangan ETLE tidak hanya pada kamera statis, tetapi ETLE mobile menggunakan gawai.

Indra pun menekankan, sasaran utama kedua kamera ETLE di Medan adalah jenis pelanggaran tidak menggunakan helm, safetybelt, berkendara sambil menggunakan gawai, pelanggaran marka dan menerobos lampu merah.

"Terimakasih, untuk masyarakat sendiri cukup support mendukung dan kami berharap dengan adanya kamera ETLE ini bisa merubah perilaku berlalu lintas," tuturnya.

"Sehingga, lebih tertib dalam berlalu lintas untuk mengurangi angka kecelakaan khususnya dan juga pelanggaran, tertib berlalu lintas, berdisiplin patuhi rambu rambu lalu lintas yang ada," pungkas Indra. rmol news logo article
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA