Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Irjen Mohammad Iqbal, Sosok di Balik NTB Dikenal Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 27 Desember 2021, 23:10 WIB
Irjen Mohammad Iqbal, Sosok di Balik NTB Dikenal Dunia
Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal bersama salah satu tim pembalap World Suberbike/Ist
rmol news logo Tidak berlebihan jika menyebut Irjen Mohammad Iqbal merupakan sosok di balik suksesnya perhelatan bertaraf internasional di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Berkat tangan dinginnya, Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 dan World Superbike akhirnya bisa dilaksanakan di Sirkuit Mandalika November lalu. Dua balapan bergengsi ini menyedot perhatian dunia.

WSBK di Mandalika menjadi pemanasan bagi Indonesia sebelum menggelar MotoGP pada April 2022 mendatang. Ini bakal menjadi puncak keseruan sekaligus uji coba bagi Mandalika menggelar ajang kelas dunia yang lebih bergengsi lagi.

Namun sebelum gelaran internasional itu resmi digelar di tengah status pandemi Covid-19, NTB harus memastikan bahwa 70 persen masyarakatnya sudah mendapatkan vaksinasi. Di sinilah, Irjen Mohammad Iqbal, ibarat pemimpin orkestrasi mampu menggerakan seluruh unsur stakeholder gotong royong untuk mencapai 70 persen vaksinasi sebagaimana yang diperyaratkan.

Melalui Lomba Kampung Sehat NTB, lalu menggelar vaksinasi massal mulai dari Presisi Goes to Campus yakni 1.000 dosis vaksin setiap Universitas, vaksinasi door to door hingga membentuk Batalion Vaksinator akhirnya Lombok Tengah (Loteng), tempat berlangsungnya Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 dan World Superbike mencapai target 70 persen masyarakat telah mendapat vaksin.

“Telah dilakukan rapat validasi data tadi malam (Senin, 4 Oktober 2021). Alhamdulillah vaksinasi di Loteng telah melebihi 70 persen," tutur Iqbal dalam keterangan tertulis, Selasa (5/10).

"Kado terindah pada HUT TNI. Terima kasih banyak atas semua kinerja hebat tim Extraordinary Loteng, Pak Gubernur (Zulkieflimansyah), Pak Danrem 162/WB (Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani), Bu Wagub (Sitti Rohmi), Pak Bupati (HL Pathul Bahri), seluruh nakes dan khususnya warga Loteng yang sadar akan pentingnya vaksin," imbuh Iqbal.

Meskipun gelaran WSBK sempat terciderai akibat ulah oknum dan terganggu akibat hujan deras yang mengguyur, namun secara keseluruhan event tersebut berjalan aman, lancar dan tanpa adanya gangguan. Jenderal bintang dua itu menjelaskan, WSBK Mandalika akan dijaga 3.000 aparat gabungan TNI-Polri. Personel keamanan dikerahkan mulai dari terowongan-terowongan hingga perbukitan.

"Seluruh penonton sudah di-screening sejak awal di lima pintu masuk NTB. Tentunya dari dua aspek. Pertama gangguan keamanan, biar kita yakin tidak ada hal-hal yang mengkhawatirkan dari seluruh penonton yang menuju Mandalika," terang Iqbal usai menyaksikan simulasi penanganan ancaman keamanan bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi pada Rabu (10/11).

Usai rampungnya ajang WSBK, Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Riskiyana Sukandhi Putra mengatakan gelaran WSBK menjadi bukti Indonesia mampu mengadakan event internasional dengan prokes ketat.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA