Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tangkap Dan Usut Tuntas Kasus Djoko Tjandra, Komjen Listyo Sigit Sabet 'Top 10 Most Outstanding People'

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 27 November 2020, 11:16 WIB
Tangkap Dan Usut Tuntas Kasus Djoko Tjandra, Komjen Listyo Sigit Sabet <i>'Top 10 Most Outstanding People'</i>
Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo/Rep
rmol news logo Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi salah satu tokoh yang meraih penghargaan 'Top 10 Most Outstanding People'. Apresiasi itu diberikan karena Listyo telah mengungkap kasus besar dimana pengungkapan itu dinilai memperbaiki citra dan menyelamatkan marwah institusi Kepolisian sekaligus membenahi internal Bareskrim Polri.

Penghargaan diberikan dalam agenda webinar bertajuk 'Executive Lecture: Membangun Manusia Indonesia yang Sehat, Humanis, Profesional, dan Berintegritas' yang digelar secara virtual, Kamis 26 November 2020.

Listyo menerima penghargaan itu diantaranya karena berhasil menangkap terpidana kasus Bank Bali Djoko Tjandra yang sudah menjadi buron selama 11 tahun, tidak cuma itu, kasus yang melibatkan dua jenderal Kepolisian ini juga diusut tuntas dimana kasusnya tegah jalan di persidangan. Selain mengungkap dan mengusut tuntas kasus Djoko Tjandra, Komjen Listyo Sigit Prabowo juga berhasil melakukan pembenahan tata kelola pertambangan timah di Kepulauan Bangka Belitung.

Top 10 Most Outstanding People adalah daftar 10 tokoh nasional yang luar biasa. Mereka dipilih karena memiliki peran di bidangnya dengan dedikasi maupun kemampuan yang luar biasa, dan dengan hasil maupun cara yang lebih unggul dari orang lain.

Mendapatkan penghargaan itu, Listyo menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung kinerjanya selama ini. Menurutnya, seluruh kinerja itu merupakan bentuk upaya untuk mengembalikan kepercayaan publik ke institusi Polri dan khususnya Bareskrim.

"Bagi kami penghargaan sebuah kehormatan bukan hanya saya tapi institusi Polri khususnya jajaran Bareskrim. Saya sedikit cerita tentang dua ungkap kasus yang menjadi perhatian publik. Pertama Djoko Tjandra kami terpukul atas peristiwa terjadi yang terdampak terpuruknya wibawa institusi Polri ditengah upaya kami yang terus mengembalikan kepercayaan publik," kata Listyo dalam sambutannya secara virtual, Jumat (27/11).

Oleh sebab itu, Listyo dan jajarannya berupaya untuk membawa pulang Djoko Tjandra ke Indonesia untuk menyingkap tabir dari kasus tersebut.

Meskipun melibatkan oknum aparat penegak hukum dalam kasus ini, Listyo menekankan tidak pandang bulu dalam proses pengusutannya. Mengingat, hal itu demi kebaikan institusi Polri.

"Alhamdulillah dengan niat, doa dan kerja keras tim membuahkan hasil perhatian penuh pemerintah dan pimpinan Polri menssuport kerja keras tim baik kegiayan diplomasi, kordinasi, dengan kepolisian Diraja Malaysia membuahkan hasil. Tim dengan sukses membawa kembali buron Djoko Tjandra dari Malaysia ke Indonesia pada tanggal 30 Juli 2020 malam dengan gunakan skema Police to Police. Ini komitmen dan keseriusan kami untuk ungkap dan usut tuntas terpidana kasus bank bali Djoko Tjandra yang telah buron selama 11 tahun sekaligus upaya kami memulihkan marwah dan martabat institusi kepolisian serta kembalikan kepercayaan publik kepada institusi bangsa dan negara," papar Listyo.

Selanjutnya terkait perkara kedua terkait tata kelola penambangan di Kepulauan Bangka Beliting, menurut Listyo, penanganan itu dilakukan atas dasar kepedulian sehubungan kerusakan lingkungan maupun kerugian negara yang ditimbulkan dari aktivitas penambangan liar.

"Indonesia merupakan produsen timah nomor dua di dunia, kami juga terima keluhan dari Pemda para pengusaha lokal dan masyarakat yang situasinya sangat sulit karena ekonomi Babel yang sedang memperihatinkan karena situasi Pandemi Covid-19 saat ini," ujar Listyo.

Adapun 10 tokoh yang mendapatkan penghargaan Top 10 Most Outstanding People, yakni;

1.Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan.
2.Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo.
3.Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo.
4. Mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan.
5. Founder Panin Bank Mu'min Ali Gunawan.
6. Mantan Direktur Utama BRI Sofyan Basir.
7.Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Liu Su Mei.
8.Ketua Umum Gerakan Pakai Masker (GPM) Sigit Pramono.
9. Jurnalis senior dan Dubes RI di Singapura Suryopratomo.
10. Pendiri sekolah gratis Undang Suryawan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA