Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sinergitas Kapolda Kalsel Dan Pangdam VI/Mulawarman Hadapi Pandemi Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 10 September 2020, 17:04 WIB
Sinergitas Kapolda Kalsel Dan Pangdam VI/Mulawarman Hadapi Pandemi Covid-19
Kapolda Kalsel, Irjen Nico Afinta, dan Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Heri Wiranto/Istimewa
rmol news logo Sinergitas antara TNI dan Polri dalam menghadapi pandemi Covid-19 terus dijalin erat. Seperti yang terlihat saat Kapolda Kalimantan Selatan, Irjen Nico Afinta, menerima kunjungan Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Heri Wiranto.

Di sela-sela pertemuan, Kapolda Kalteng turut menyematkan Baret Bintang 2, tongkat komando serta piagam Komandan Kehormatan Harkamtibmas kepada Pangdam VI/Mulawarman oleh Kapolda Kalsel. Nico Afinta mengaku bangga kepada Mayjen Heri Wiranto yang di sela kesibukannya dapat hadir di Mapolda Kalsel.

Nico mengatakan, ada sejumlah program prioritas yang tengah diemban Polda Kalsel yakni penanganan Covid-19, penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta pengamanan pemilu.

"Terkait penanganan Covid-19, Polda Kalsel telah mengambil lima langkah strategis yaitu penambahan alat uji PCR, penambahan rumah isolasi mandiri dan kapasitas rumah sakit, peningkatan jumlah Kampung Tanggung Banua, melakukan operasi penegakan disiplin, dan efesiensi anggaran," kata Nico kepada wartawan, Kamis (10/9).

Terkait penanggulangan karhutla, lanjut Nico, strategi yang dilaksanakan yaitu kegiatan preemtif berupa penyebaran maklumat Kapolda Kalsel, pemasangan spanduk, imbauan, sosialisasi ke tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat setempat tentang bahaya karhulta.

"Dalam giat preemtif kami selalu menggandeng unsur TNI untuk melaksanakan patroli dialogis hingga pelosok desa untuk meminimalisir kebiasaan masyarakat yang kerap membakar lahan," jelas Kapolda Kalsel.

Sedangkan terkait pengamanan pilkada, Polda Kalsel menyiagakan 1.100 personel polri bersama 231 personel TNI dalam setiap tahapan. Mengingat adanya pandemi Covid-19 protokol kesehatan menjadi standar prosedur yang wajib di kedepankan.

"Polda Kalsel akan berusaha menjalin kerja sama dan kemitraan secara sinergis dengan pemerintah daerah, TNI, stakeholder dan seluruh elemen masyarakat. Karena itu Polda Kalsel memberikan penghargaan keada panglima sebagai Komandan Kehormatan Harkamtibmas," ujarnya.

Nico menambahkan, polisi tidak dapat berdiri sendiri untuk memelihara kamtibmas. Karena itu perlu sinergitas TNI-Polri seperti yang terjalin selama ini.

Sementara itu, Mayjen TNI Heri Wiranto menyampaikan, dirinya sengaja memakai baret (penghargaan) tersebut terus karena merupakan suatu kehormatan yang luar biasa.

"Sepanjang 32 tahun saya berdinas, saya baru bisa memakai baret ini dan disematkan langsung oleh Bapak Kapolda," ucap Pangdam terkesan.

Kehadirannya di Mapolda Kalimantan Selatan adalah untuk bisa bersilaturahmi dan membangun sinergitas. Membangun hubungan yang terjalin dengan baik dan selalu bersinergi dalam setiap kegiatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA