Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat Aplikasi Alwa, Warga Kulonprogo Bisa Panggil Polisi Dalam 15 Menit

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 09 Oktober 2019, 12:23 WIB
Lewat Aplikasi Alwa, Warga Kulonprogo Bisa Panggil Polisi Dalam 15 Menit
Kapolres Kulonprogo AKBP Anggara Nasution/Net
rmol news logo Inovasi Polres Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta dalam rangka memberikan pelayanan masyarakat melalui aplikasi Alwa (Alarm Warga) sangat memudahkan masyarakat yang membutuhkan pertolongan terutama dalam kondisi darurat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Aplikasi yang dapat diunduh di Playstore dan App Store ini memiliki lima menu yang cukup simpel yang terdiri dari menu lapor, menu panic button, menu call center, menu info dan menu silent alarm.

"Kami ingin memotong jalur birokrasi apabila masyarakat mau menghubungi polisi," kata Kapolres Kulonprogo AKBP Anggara Nasution saat ditemui di Mapolres Kulonprogo, Jalan Wates-Jogja KM 02, Kulonprogo, Yogyakarta, Rabu (9/10).

Dia menjelaskan, aplikasi dengan menu sederhana ini sangat memudahkan warga yang menginginkan kehadiran polisi dalam 24 jam.

"Aplikasi ini ringan, ketika dipencet dua kali maka alarm Command Center yang ada di Polres Kulon Progo akan menyala. Ketika itu, anggota langsung merespons dengan mendatangi lokasi, dalam waktu 15 menit," jelas dia.

Aplikasi yang diluncurkan pada 29 Agustus 2019 lalu saat ini sudah 2.000 masyarakat yang mengunduhnya.

Bagi warga Kulonprogo yang ingin menggunakan aplikasi Alwa ini harus melalui verifikasi terlebih dahulu. Warga diminta untuk verifikasi dengan foto selfia dan KTP.

"Ini dilakukan agar tidak ada penipuan dan juga orang-orang yang iseng, dan menjaga moral anggota saya dari informasi palsu melalui Alwa," ujarnya.

Aplikasi ini juga sudah terkoneksi dengan GPS. Anggara mencontohkan jika ada masyarakat yang membutuhkan pelayanan cepat dalam kondisi darurat, lokasi masyarakat sudah langsung terdeksi oleh Command Center.

"Jadi itu sudah terkoneksi berbasis GPS pelapor tanpa harus share lokasinya. Petugas akan langsung datang ke titik laporan," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA