Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BKP Kementan Ingatkan Distributor Bawang Putih Sumbar Turunkan Harga Jadi 25 Ribu Per Kilogram

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 11 Mei 2019, 05:20 WIB
BKP Kementan Ingatkan Distributor Bawang Putih Sumbar Turunkan Harga Jadi 25 Ribu Per Kilogram
Istimewa/Net
rmol news logo Tingginya harga bawan putih di Sumatera Barat jadi sorotan pemerintah. Hal tersebut diakui oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno saat mengadakan operasi pasar bersama Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, hari ini, Jumat (10/5).

“Operasi pasar dilakukan karena harga bawang putih di Pasar Raya Padang mencapai Rp80.000 per kilogram,” ujar Irwan saat ditemui di Pasar Raya Kota Padang.

Mendengar hal tersebut, Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi yang memimpin operasi tersebut langsung menjawab bahwa kedatangan mereka kalo ini 30 ton bawang putih yang disebar di Pasar Taya Kota Padang sebanyak 14 ton dan sisanya 16 ton di Pasar Payakumbuh.

“Distributor langsung menjual ke pedagang pengecer dengan harga Rp 25.000,” ujar Agung.

Meski demikian, lanjut Agung, selama dua hari kedepan BKP Kementan memberi kesempatan kepada penjual bawang putih untuk menjual stok mereka antara Rp30.000 - Rp35.000 per kilogram di Kota Padang dan Sumatera Barat. Tapi setelah itu, harga harus sesuai dengan keputusan Kementan.

"Saya yakin dalam 2 - 3 hari kedepan ini harganya bisa turun, karena distributor langsung menjual ke pedagang pengecer dengan harga Rp 25.000,-" kata Agung.  

Dalam kunjungan kerjanya, Agung juga melakukan pemantauan kondisi harga komoditas pangan di Pasar Raya Padang. Tercatat beberapa komoditas pangan seperti bawang merah dengan harga Rp28.000 per kilogram, cabe merah keriting dengan harga  Rp30.000 per kilogram, telur ayam dengan harga Rp23.000 per kilogram, daging ayam ras dengan  harga Rp28.000 per kilogram dan daging sapi dengan harga Rp120.000 per kilogram

"Dari hasil pantauan pasar, harga beberapa komoditas pangan dapat dikatakan cenderung stabil dan relatif aman," ujar Agung.

Ditambahkan Agung, secara nasional  pasokan dan harga pangan pada bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2019 cukup dan relatif stabil, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA