Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat Wayang, Pujakesuma Di Labusel Pahami Empat Pilar MPR

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Senin, 26 November 2018, 04:31 WIB
Lewat Wayang, Pujakesuma Di Labusel Pahami Empat Pilar MPR
Dalang Ki Giman dan Rambe Komarul Zaman/Net
rmol news logo Sosialisasi Empat Pilar MPR tidak melulu dilakukan melalui metode seminar. Sosialisasi pilar kebangsaan itu juga bisa dilakukan lewat kesenian budaya.

Salah satunya seperti yang dilakukan di Lapangan Pinang Awan, Desa Aek Batu, Kecamatan Torgamba, Kotapinang, Labuhan Batu Selatan (Labusel), Sabtu (24/11) malam. Di tempat itu, sosialisasi digelar melalui pertunjukan wayang kulit.

Lakon “Wahyu Satrio Piningit” dibawakan dengan dalang Ki Giman Guno Prenggo Stoto dari Kisaran. Penontonnya, berasal dari masyarakat keturunan Jawa yang bergabung dalam Putra Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) Kotapinang.

Anggota MPR, Rambe Kamarul Zaman menjelaskan bahwa pelaksanaan sosialisasi melalui seni budaya ini mengandung kearifan lokal. Dia berharap agar para generasi bangsa dapat bergotong-royong melestarikan seni budaya untuk memperkuat Empat Pilar MPR RI.

“Hal itu merupakan penjabaran dari nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yang pada akhirnya semua itu menjadi landasan kita untuk menjadikan perbedaan menjadi modal besar kita untuk menjaga Persatuan,” terangnya.

Politisi Golkar itu mengaku senang dengan antusiasme warga menyaksikkan pertunjukan wayang kulit sambil mendengar pesan-pesan Empat Pilar.

“Ini menandakan masyarakat di sini menyukai wayang kulit”, ujar Rambe.

Rambe berharap agar masyarakat terhibur dan mengikuti serta meneladani pesan-pesan yang disampaikan dalang untuk menjaga serta menguatkan keutuhan NKRI. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA