Dalam perspektif tasawuf, ada tiga air mata yang sangat mahal nilainya, yaitu air mata kerinduan terhadap Tuhan, air mata tobat, dan air mata protes terhadap kebatilan. Air mata yang keluar karena didorong rasa rindu terhadap Tuhan ini yang paling mahal. Seseorang tidak tahu sebabnya kenapa tiba-tiba mengucur air mata kerinduan itu. Linangan air mata tobat akan memadamkan api neraka. Dalam hadis lain Nabi pernah bersabda, ada tiga pasang mata yang diharamkan masuk neraka, yaitu mata yang menangis karena takut kepada Allah, mata yang tidak tidur semalaman dalam perjuangan fi sabilillah, dan mata yang dipejamkan dari sesuatu yang diharamkan Allah atau mata yang dicungkil dalam perjuangan fi sabilillah.
Di dalam Al-Qur'an banyak diungkapkan prihal air mata. Antara lain: "Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis" (Q.S.Al-Isra:109), "Mereka menyungkur dengan bersujud dan menanÂgis". (Q.S. Maryam/19:58). Dalam hadis pun diterÂmukan banyak riwayat yang menyatakan positifnya menangis karena riyadhah dan mujahadah. Hamba yang merindukan Tuhannya dan Tuhan pun merinÂdukannya maka tanda utamanya adalah keluarnya air mata rindu mengalir membasahi tubuhnya. Terkadang memang sajadah tiba-tiba basah tanpa terasa akibat lelehan air mata, terutama saat-saat sujud shalat tahajjud tengah malam. Disebutkan dalam sebuah kitab bahwa ada sejumlah hamba Tuhan yang cacad mukanya karena air mata tak pernah berhenti mengalir di pipinya, karena begitu terharu bercampur rindu dan takut peda Tuhannya. Mata yang tidak pernah menangis karena terharu, rindu, takut, atau rindu kepada Tuhan dikhawatirÂkan jiwanya kering. Kalangan sufi menasehatkan, siramilah jiwanya dengan air mata kerinduan dan taubat rindu kepada Allah Swt.
Abu Umamah al-Bahili berkata kepada Rasulullah SAW, apakah keselamatan itu? Beliau menjawab: "Jagalah lidahmu, lapangkan rumahmu, dan tangisilah dosa-dosamu". Dalam sebuah riwayat dikatakan Nabi Nuh AS. dinamakan Nuh, sebab ia banyak menangis di dunia atas dirinya. Nabi Nuh seakan menyesal karena akibat doanya sehingga umatnya binasa. Itulah yang membuatnya ia takut menghadap Tuhan di Padang Makhsyar karena ia merasa dirinya pernah bersalah. Ia tidak seperti Rasulullah yang tidak pernah mendoakan umatnya binasa, sekalipun mereka membuatnya berlumuran darah akibat penganiayaannya. Ia bahka berdoa, "Ampunilah mereka karena mereka tidak tahu siapa saya sebenarnya".
Menangis karena takut kepada Allah merupakan suatu petunjuk yang sangat jelas atas adanya rasa takut kepada Allah dan itu membuat cenderung semakin cinta akan kehidupan akhirat. Memang kelihatan cengeng, tetapi cengeng kepada kebesaÂran Allah Swt adalah terpuji dan cengeng terhadap makhluk Allah itulah yang tercela. Ari kita membiaÂsakan diri merenung sambal menangisi dosa dan kekhilafan kita di masa lampau, semoga dengan itu kita akan meraih ketenangan batin. ***