Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Giliran Vietnam Yang Digandeng Menteri Marwan Untuk Tingatkan Daya Saing Desa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Rabu, 16 Desember 2015, 22:23 WIB
Giliran Vietnam Yang Digandeng Menteri Marwan Untuk Tingatkan Daya Saing Desa
rmol news logo Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) menggandeng Vietnam untuk mempercepat pembentukan desa mandiri dan sejahtera. Sebab, negara tetangga di kawasan regional ASEAN tersebut termasuk sukses membangun desa-desanya, terutama dari sektor pertanian.  

"Kerjasama yang kita bangun ini diantaranya sharing informasi terkait pembangunan pertanian dan perdesaan di Vetnam; Infrastruktur dan tata ruang perdesaan; pemberdayaan masyarakat berbasis potensi; dan Pengembangan pendidikan," ujar Menteri Desa Marwan Jafar.

Dia menyampaikan itu saat menerima Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Mr. Nguyen Xuan Thuy di kantor Kementerian Desa, Jakarta kemarin.

Untuk mempertajam kerjasama tersebut, Menteri Marwan berencana melakukan kunjungan kerja ke Vietnam pada tanggal 20-23 Desember 2015. "Kami harap Bapak Duta Besar dapat membantu memfasilitasinya sehingga dapat berjalan lancar sesuai dengan yang sudah direncanakan," tandasnya.

Untuk mempercepat pembentukan desa mandiri dan sejahtera, Kemendesa PDTT memang menjalin kerjasama dengan sejumlah pihak, termasuk luar negeri. Sejauh ini, Kemendesa PDTT sudah menggandeng Autralia, Jepang, dan Republik Korea.

Menteri Marwan juga menyinggung Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan berlaku akhir tahun ini. "Akan banyak produk luar negeri masuk ke Indonesia. Jika masyarakat desa tidak bisa membangun produk-produk berkualitas, maka akan kalah bersaing dengan produk luar. Secara bersamaan, kita juga harus meningkatkan kecintaan kepada produk dalam negeri," tandas Marwan. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA