Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komnas HAM: Jangan Biarkan Prajurit TNI Mati Sia-sia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Rabu, 01 Juli 2015, 20:55 WIB
Komnas HAM: Jangan Biarkan Prajurit TNI Mati Sia-sia
maneger (tengah)
rmol news logo Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyampaikan duka yang mendalam kepada anggota keluarga penumpang pesawat angkut milik TNI Angkatan Udara Hercules C-130 yang jatuh dan terbakar di daerah permukiman, Jalan Jamin Ginting, Medan, kemarin siang Selasa (30/06).
 
"Komnas HAM mengapresiasi TNI yang tengah melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab jatuhnya Hercules," ujar Komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution, di lokasi tempat jatuhnya pesawat, (Rabu, 1/7).

Komnas HAM merekomendasikan semua pesawat jenis ini tak boleh terbang, karena sudah tidak laik, sudah terlalu tua. Negara wajib hukumnya menyediakan pesawat yang lebih baru dan canggih sesuai kebutuhan jaman.

"Kalau negara masih membiarkan TNI dengan pesawat yang sudah tidak layak itu, sama artinya negara membiarkan putera-puteri terbaik bangsa mati satu persatu sia-sia. Sekali lagi, negara tidak boleh melakukan pembiaran itu," ungkapnya.

Pesawat Hercules TNI AU ini sedianya akan terbang ke Tanjung Pinang, Riau. Pesawat bermesin empat ini baru beberapa saat lepas landas saat meminta izin kembali (return to base) sebelum jatuh. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA