Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketum PSI: Buat Film Tokoh Sekelas Tjokro Tidak Mudah, Jempol untuk Garin Nugroho

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Rabu, 01 April 2015, 10:18 WIB
Ketum PSI: Buat Film Tokoh Sekelas Tjokro Tidak Mudah, Jempol untuk Garin Nugroho
reza rahardian pemeran tjokroaminoto
rmol news logo Sutradara Garin Nugroho kembali menghadirkan film mendidik untuk rakyat Indonesia. Kali ini dia mengangkat tokoh HOS Tjokroaminoto dalam sebuah film: "Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto" yang akan tayang serentak pada 9 April mendatang.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie yang hadir dalam pemutaran perdana film tersebut di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan tadi malam, mengapresiasi pembuatan film perjuangan tersebut.

Menurutnya, untuk membuat film seorang tokoh sebesar Tjokroaminoto, tentu tidak mudah. Karena itulah dia menilai, Garin telah menunjukkan kelasnya sebagai sutradara papan atas di Tanah Air. "Jempoll," kicau Grace di aku twitternya @grace_nat pagi ini.

Grace juga memberikan apresiasi kepada Reza Rahadian, pemeran utama Tjokro yang menurutnya berhasil membawa Tjokro ke masa kini. Garin dan Reza berhasil menghadirkan sosok Tjokro yang utuh.

"Nonton @tjokro_movie , rasanya seolah menjadi anak-anak Gang 7 Peneleh. Duduk mendengarkan Sang Guru Bangsa. Entah kita adlh Muso, Soekarno, Kartosuwiryo atau siapapun, Tjokro adalah titik awal bangsa ini."

Namun mantan Presenter TVOne ini tidak lupa memberikan kritik yang cukup tajam terhadap film Tjokro tersebut. Dia menilai Garin tidak memberikan porsi yang tepat pada sosok perempuan, isteri Tjokro bernama Suharsikin.

"Catatan saya, peran Suharsikin isteri Tjokro nampaknya tidak ditempatkan cukup strategis (dalam film ini). Bukankah Rumah Gang 7 Peneleh tdk akan pernah menjadi kosan kalau bukan krn inisiatif Suharsikin yg ingin membantu ekonomi keluarga? (karena sibuknya Tjokro)."

Bagi Grace, sosok Tjokro dan perempuan Suharsikin adalah figur yang sama pentingnya. "Tjokro dan Suharsikin bagaikan 1 tubuh dengan 2 sayap. Tak mungkin terbang jika patah salah satunya" demikian Grace memberikan catatan pada film Garin tersebut.

Meski memberikan kritik, Grace mensyukuri bahwa Garin masih sempat menyelipkan kata-kata dari Suharsikin "Untung @garinfilm sempat menyelipkan kalimat Suharsikin "Kamu boleh bangun dunia sbsr gagasanmu. Tp jgn hancurkan rumahmu," demikian Grace Natalie. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA