Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukungan Mulai Menguat, Hatta Minta Pendukung Tak Garap Basis Lawan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Jumat, 27 Februari 2015, 21:50 WIB
Dukungan Mulai Menguat, Hatta Minta Pendukung Tak Garap Basis Lawan
hatta rajasa
rmol news logo Ketua Umum DPP PAN 2010-2015 Hatta Rajasa dinilai sebagai pemimpin yang unik dan santun. Meski sedang bersaing ketat untuk mendapatkan suara pada Kongres PAN IV di Bali yang akan dibuka secara resmi besok, dia melarang para pendukungnya menggarap basis suara kompetitor.

Demikian disampaikan politisi senior PAN yang juga mantan Wakil Ketua MPR-RI Ahmad Farhan Hamid dalam keterangannya (Jumat, 27/2).

Karena itu tidak heran, sejauh ini untuk Pulau Sumatera, cuma Provinsi Bengkulu dan Lampung yang belum sepenuhnya bisa dikuasai Hatta Rajasa. Karena Lampung merupakan basis tradisional pendukung Zulkifli Hassan, kandidat Ketua Umum PAN. Sedangkan PAN Bengkulu dipimpin adik Ketua MPR-RI tersebut, Helmi Hasa.

Meski begitu, beberapa pemilik suara sah dari Lampung mulai merapat ke Hatta Rajasa. Menurutnya, hal ini tak lepas dari kinerja Hatta Rajasa yang berhasil meningkatkan suara PAN hingga 53% pada Pileg lalu, serta sikapnya yang santun, terus mendulang dukungan dari daerah.

"Silakan kalian mendukung kami. Tapi tak usahlah pakai deklarasi dukungan atau acara-acara yang bisa melukai perasaan kandidat lain. Kita ini saudara,” kata Farhan Hamid, menirukan ucapan Hatta Rajasa kepada para pendukungnya dari Lampung.

Malah dukungan kepada Hatta di Bengkulu juga semakin menguat. Dukungan terhadap Hatta Rajasa di Provinsi Bengkulu, semula hanya ada 8 suara, sekarang meningkat menjadi 10 suara,” kata Abdul Ghani, Ketua DPD PAN Kota Bengkulu.

Dengan kata lain, tambah Ghani, Hatta mendapat dukungan lebih dari 83 prosen dari 12 suara sah di Bengkulu. "Saya melihat, situasi yang sama juga terjadi di derah-daerah lain,” tegas Gani.

Para pendukung Hatta Rajasa yang sebelumnya telah mengantongi lebih dari 368 suara dari total 597 suara, dia menambahkan, langsung menggelar konsolidasi begitu sampai di Bali untuk melakukan update terhadap perkembangan terakhir.  [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA