Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meski Tak Sempurna Lagi, Proses Identifikasi Jenazah Tetap di Surabaya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Sabtu, 03 Januari 2015, 12:22 WIB
Meski Tak Sempurna Lagi, Proses Identifikasi Jenazah Tetap di Surabaya
ilustrasi
rmol news logo Proses identifikasi terhadap korban pesawat Airasia QZ 8501 tetap dilakukan di Surabaya, tidak dipindahkan ke RSUD Sultan Imanuddin, Pangkalan Bun, Kalimantan tengah.

Pasalnya, sebagian besar penumpang Airasia penduduk Provinsi Jawa Timur, apalagi RS Bhayangkara Polda Jatim sangat luas serta fasilitas penyimpanan mayat memadai.

"Dari awal memang sudah dipertimbangkan apakah proses identifikasi di Surabaya atau Pangkalan Bun, dan pilihannya tetap di Surabaya," kata Direktur Eksekutif DVI Polri Kombes Anton Castilani di Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Sabtu.

Dia memastikan, proses identifikasi tetap dapat dilakukan sekalipun kondisi jenazah penumpang Airasia yang ditemukan dalam kondisi tidak sempurna.

Bupati Kotawaringin Barat Ujang Iskandar, memberikan bantuan satu kontainer pendingin yang diletakan di rumah sakit Sultan Imanudin agar proses pembusukan jenasah tidak cepat terjadi.

"Proses Identifikasi secara keseluruhan tetap dilakukan di Surabaya, dan Pangkalan Bun hanya mengamankan maupun mempersiapkan jenasah memenuhi syarat dalam penerbangan," demikian Anton.

Sebelumnya sekitar pukul 11.00 WIB, sebanyak delapan jenazah tiba di RSUD Sultan Imanuddin. Ke-8 jenazah langsung dimasukkan ke Posko DVI Biddokkes Polda Kalimantan Tengah yang ada di RSUD Sultan Imanuddin untuk dilakukan identifikasi awal oleh tim dokter.

Dengan masuknya delapan jenazah ini, saat ini sudah ada 12 jenazah yang masih ada di RSUD Sultan Imanuddin. Empat jenazah sebelumnya dievakuasi pada Jumat malam dan menunggu dikirim ke Surabaya.

Hingga Sabtu siang ini, sudah ada 30 jenazah yang sudah berhasil dievakuasi tim gabungan. Sebanyak 18 jenazah di antaranya sudah diberangkatkan ke Surabaya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA