Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AIRASIA HILANG

Jenazah Mulai Membusuk, RSUD Sultan Imanuddin Siap jadi Posko Tim DVI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Sabtu, 03 Januari 2015, 10:22 WIB
Jenazah Mulai Membusuk, RSUD Sultan Imanuddin Siap jadi Posko Tim DVI
ilustrasi/net
rmol news logo Saat ini berkembang wacana Posko Tim Disaster and Victim Identification (DVI) penanganan korban pesawat AirAsia QZ 8501 dipindahkan dari RS Bhayangkara Polda Jawa Timur ke  RSUD Sultan Imanuddin, Pangkalan Bun.

Hal ini untuk mencegah kerusakan lebih parah terhadap jenazah. Pasalnya, kondisi jenazah korban yang telah ditemukan maupun yang belum ditemukan, sudah membusuk sehingga makin sulit dikenali.

Seperti dilansir Antara, pihak RSUD Sultan Imanuddin saat ini bersiap-siap jika memang akhirnya Posko DVI tersebut dipindahkan.

"Kami hanya mengantisipasi. Kalau memang dipindah ke rumah sakit kami, maka kami sudah siap. Makanya ini saya pagi-pagi memeriksa lagi kesiapan semuanya," kata Direktur RSUD Sultan Imanuddin, dr Suyuti Syamsul di Pangkalan Bun, Sabtu.

Karena itu, setelah kedatangan tim DVI yang dipimpin langsung Direktur Eksekutif DVI, Komisaris Besar Anton Castelani,  pihak rumah sakit langsung melakukan persiapan.

Dari sisi ketersediaan fasilitas ruangan, rumah sakit tidak mengalami kendala karena rumah sakit yang dibangun di lahan seluas enam hektar itu selama ini dijadikan rujukan bagi penanganan bencana.

Pihak rumah sakit juga langsung membenahi fasilitas lainnya, di antaranya memasang paving block di seluruh area di bagian belakang rumah sakit untuk memudahkan pergerakan kendaraan jika mengangkut jenazah secara bersamaan.

Pihak rumah sakit juga melengkapi peralatannya. Lemari pendingin berkapasitas 20 jenazah, yang merupakan pinjaman dari salah satu perusahaan swasta, rencananya juga segera didatangkan ke rumah sakit tersebut. Saat ini rumah sakit ini dijadikan Posko DVI Biddokkes Polda Kalteng. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA