Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PDIP Feodalisme Akut, Wiranto Ingin Tetap Punya Mainan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Selasa, 23 Desember 2014, 13:57 WIB
PDIP Feodalisme Akut, Wiranto Ingin Tetap Punya Mainan
wiranto-megawati
rmol news logo Selain Partai Demokrat dan PAN, dua partai lainnya juga akan menggelar suksesi kepemimpinan nasional. Yaitu PDIP dan Partai Hanura, yang masing-masing akan Kongres dan Musyawarah Nasional tahun depan.

Namun, diyakini tidak akan ada perubahan kepemimpinan di tubuh kedua partai pendukung Joko Widodo ini. Megawati Soekarnoputri tetap akan memimpin PDIP begitu juga Wiranto menjadi Ketua Umum Hanura lagi.

Untuk PDIP, pengamat politik Andar Nubowo, tidak heran kalau Megawati akan kembali menjadi ketua umum partai berlambang kepala banteng tersebut.

"Ada faktor feodalisme yang sudah menahun di tubuh PDIP," jelas Andar kepada Kantor Berita Politik RMOL (Selasa, 23/12).

Dia menilai, Megawati belum mau melepaskan jabatannya tersebut karena sedang menyiapkan putra atau putrinya. "Namun untuk konteks saat ini belum siap. Makanya ada upaya untuk mengulur waktu," ucapnya.

Apalagi, mantan Presiden RI tersebut merupakan sosok pemersatu di partai wong cilik tersebut. "Belum ada figur lain yang bisa mensolidkan PDIP sepeninggal Megawati," tandas Direktur Indo Strategi ini.

Sementara Wiranto, menurutnya, juga merasa Hanura adalah bentukannya. Makanya, meski sudah sepuh tetap ingin punya mainan atau memiliki bargaining. Sehingga tetap terlibat dalam politik yang berlangsung di negeri ini.

"Ciri atau penyakit feodal tidak percaya pada kader-kadernya. Mereka merasa omnipoten dan omnipresen, yang paling punya pengaruh dan saham besar untuk partai," tandasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA