Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Akankah Jokowi Lulus Ujian Pertamanya?

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/hendri-satrio-5'>HENDRI SATRIO</a>
OLEH: HENDRI SATRIO
  • Minggu, 26 Oktober 2014, 15:58 WIB
Akankah Jokowi Lulus Ujian Pertamanya?
presiden joko widodo/net
MENJADI Presiden sekaligus petugas partai bukanlah hal mudah untuk dijalani, seperti yang sedang dijalani Presiden Jokowi. Tampaknya tantangan terbesar yang harus diselesaikan adalah mempersatukan tiga kepentingan besar yang berada di pundak sang Presiden, yaitu idealisme, mandat rakyat dan mandat partai.

Jokowi, Presiden pilihan rakyat nampaknya  berada diposisi ini. Janji 1 hari setelah dilantik akan mengumumkan anggota kabinet sudah lewat jauh, negara ini seakan-akan telah berjalan autopilot selama 1 minggu. Namun, rakyat masih sabar menunggu dan berharap Jokowi bisa lulus dari ujian pertamanya, yaitu susunan kabinet.

Saya enggan mendikotomikan anggota kabinet profesional ataupun‎ non profesional, yang penting kabinet ini kuat dan mampu meraih kepercayaan dari publik. Dari rumor susunan kabinet yang beredar nampaknya masih jauh dari harapan. Jokowi masih terjebak dalam konstelasi kepentingan. Memang ada beberapa nama bagus yang konon nampaknya masuk kendati nama-nama bagus ini diduga bukan ditempatkan pada bidang terbaiknya.

Sejumlah nama yang diisukan masuk kabinet juga melakukan pencitraan senada dengan sang presiden, pencitraan dengan simbol-simbol untuk menarik perhatian calon bosnya kelak.

Senin, 27 Oktober 2014 menurut kabar adalah hari yang dipilih Jokowi mengumumkan kabinetnya. Kita tunggu saja, semoga tidak mundur lagi. Mudah-mudahan kabinet ini diisi orang yang tepat dengan kemampuan mumpuni terutama untuk menenterjemahkan Flagship Jokowi di bidang kemaritiman.

Semoga saja mulai besok Jokowi sudah 100% Presiden Republik Indonesia yang bekerja, bekerja dan bekerja (ngikutin omongan beliau) serta bukan lagi menjadi Petugas Partai yang tunduk akan kepentingan golongan. [***]

Penulis adalah pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA