Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demonstran Ditindas dan 28 Masjid Syiah Dihancurkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Sabtu, 14 Mei 2011, 21:32 WIB
Demonstran Ditindas dan 28 Masjid Syiah Dihancurkan
ilustrasi
rmol news logo Pemerintah Bahrain telah menghancurkan sejumlah masjid dan menindas demonstran pro-demokrasi.

Setidaknya 28 masjid dan lembaga keagamaan Syiah telah hancur di negara itu sejak pasukan pemerintah bentrok dengan demonstran anti pemerintah. Ada yang menyebut bahwa konflik ini adalah konflik identitas antar mayoritas Syiah dan pemerintah Sunni.

Namun Wakil Ketua Parlemen, Adel Al Moawda, membantah laporan tentang penghancuran masjid Syiah itu. Menurutnya, masjid tersebut dihancurkan karena berdiri tanpa izin.

Konflik antaretnis yang terjadi di Bahrain menyita perhatian pemerintahan Inggris. Inggris mendesak pemerintah Bahrain untuk memenuhi semua kewajiban melindungi HAM dan menghormati kebebasan politik kebebasan beragama.

Menteri Luar Negeri Inggris Lord Howell mengatakan, pihaknya menyesalkan penghancuran masjid-masjid itu. Dia juga mengatakan bahwa pemerintah Inggris akan melakukan dialog nasional dengan Bahrain untuk menyelesaikan perselisihan antara mayoritas Syiah dan minoritas Sunni yang mewakili kelompok berkuasa.

“Pemerintah Bahrain harus mengambil tindakan cepat dan langkah konkret untuk melakukan investigasi mengenai dugaan pelanggaran (yang dilakukan) yang dilakukan pasukan keamanan Bahrain," ujar Jurubicara Kementerian Luar Negeri yang tak disebutkan namanya seperti dilansir IRNA (Sabtu, 14/5). [guh]

ARTIKEL LAINNYA