Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Airin Nyagub, Okta Kumala Dewi Jadi Politikus Perempuan Satu-satunya Dapil Banten III

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Rabu, 02 Oktober 2024, 01:05 WIB
Airin Nyagub, Okta Kumala Dewi Jadi Politikus Perempuan Satu-satunya Dapil Banten III
Politikus PAN Okta Kumala Dewi/Ist
rmol news logo Politikus PAN Okta Kumala Dewi menjadi satu-satunya perempuan yang mewakili Dapil Banten III, setelah Airin Rachmi Diany dari Golkar mengundurkan diri karena mengikuti Pilkada Banten, yang dilantik sebagai anggota DPR RI pada Selasa (1/10).

Meskipun jumlah kursi perempuan di DPR RI meningkat menjadi 22,1 persen (128 dari 580 kursi), pencapaian ini masih jauh dari target ideal 30 persen. 

Dari PAN sendiri ada 7 anggota DPR RI perempuan yang terpilih, dan Okta adalah salah satunya.

Di Dapil Banten III, dengan total populasi 6,73 juta penduduk, ada sekitar 3,34 juta perempuan yang kebutuhan dan suaranya perlu diperjuangkan. 

"Saya berkomitmen untuk memperhatikan isu-isu perempuan di Tangerang Raya, termasuk pemberdayaan ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan perlindungan terhadap kekerasan berbasis gender," kata Okta kepada wartawan.

Okta juga menekankan pentingnya kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat untuk menciptakan kebijakan yang lebih inklusif.

Okta berharap pelantikan ini menjadi momentum untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam politik dan memperkuat representasi mereka di tingkat nasional. 

Dengan dukungan dari masyarakat, diharapkan DPR RI dapat lebih responsif terhadap aspirasi dan kebutuhan perempuan di seluruh Indonesia, serta memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat di Tangerang Raya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA